PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII-7 SMP NEGERI 1 DAWARBLANDONG MOJOKERTO

  • ITA NURFADILLAH

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini dimulai dari hasil wawancara kepada guru BK yang menyatakan bahwa siswa kelas VIII mempunyai kemampuan interaksi sosial rendah. Beberapa faktor yang menyertai terjadinya kemampuan interaksi sosial rendah adalah siswa yang hanya berteman dengan teman tertentu saja, pada saat berpapasan dengan teman tidak menyapa, ketika diskusi kelompok hanya diam saja, dan sulit diajak bekerja sama ketika belajar kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan bimbingan kelompok dengan teknik Diskusi untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa kelas VIII-7 SMP Negeri I Dawarblandong Mojokerto.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian pre-test and post-test one group design.Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII-7 SMP Negeri I Dawarblandong Mojokerto yang teridentifikasi memiliki skor kemampuan interaksi sosial rendah, yang dapat diketahui melalui angket pada pengukuran awal (pre-test).Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kemampuan interaksi sosial siswa yang dikumpulkan dengan angket dan teknik analisis data yaitu statistik non parametrik dengan Uji Tanda (Sign Test). Setelah diadakan analisis dengan menggunakan uji tanda, dapat diketahui rtabel = 0,016 lebih kecil dari α sebesar 5% = 0,05, maka diputuskan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti hipotesis penelitian yang berbunyi “ Bimbingan kelompok dengan teknik Diskusi dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa kelas VIII-7 SMP Negeri I Dawarblandong Mojokerto” diterima.

 

 

Kata Kunci :Bimbingan kelompok, Teknik diskusi eklompok, Interaksi sosial.

Published
2014-06-27
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 94