PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DALAM MENGURANGI KECENDERUNGAN PERILAKU KONSUMTIF SISWA KELAS X AKUTANSI 4 SMK DR. SOETOMO SURABAYA

  • SEPTIANI ZAROH

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan suatu bentuk perilaku membeli baik barang maupun jasa tanpa pertimbangan rasional atau bukan atas dasar kebutuhan yang biasanya ditandai dengan gaya hidup yang serba mewah. Berdasarkan penelitian terdahulu kelompok usia remaja terutama SMA memiliki nilai konsumtif yang lebih tinggi dibandingkan kelompok usia lain. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif adalah lingkungan. Fenomena yang berkembang dikalangan remaja menunjukkan bahwa remaja ingin selalu berpenampilan yang dapat menarik perhatian orang lain terutama teman sebaya. Hal ini sesuai dengan pandangan behavioral dimana perilaku menyimpang disebabkan oleh beberapa hal, seperti adanya salah penyesuaian melalui proses interaksi dengan lingkungan, adanya pembelajaran atau contoh yang salah dalam lingkungan dan ketidakseimbangan antara kepribadian, tingkah laku dan lingkungan. Terbentuknya suatu perilaku dikarenakan adanya pembelajaran, dimana perilaku itu akan dipertahankan atau dihilangkan tergantung pada konsekuensi yang menyertainya.

Penelitian ini bertujuan menguji penerapan konseling behavioral dalam mengurangi perilaku konsumtif siswa kelas X Akutansi 4 SMK dr. Soetomo Surabaya. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-experimental design berupa one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan 4 pilihan jawaban untuk mengetahui skor perilaku konsumtif siswa. Subjek penelitian terdiri dari 7 siswa kelas X Akutansi 4 yang memiliki kecenderungan berperilaku konsumtif tinggi dibandingkan yang lain. Hasil analisis penelitian ini menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon menunjukkan Thitung = 0. Bila nilai taraf signifikasi 5% dan N = 7 maka diperoleh nilai Ttabel = 2 yang artinya T Thitung < Ttabel. Sehingga dapat dikatakan penerapan konseling behavioral dapat menurunkan tingkat kecenderungan perilaku konsumtif siswa kelas X Akutansi 4 SMK dr. Soetomo Surabaya.

 

Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Remaja, Konseling Behavioral

Published
2014-06-27
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 188