PENERAPAN STRATEGI SELF INSTRUCTION UNTUK MENGELOLA KEMARAHAN PADA SISWA KELAS XI IPS3 DI SMAN 1 MENGANTI

  • ULFI RACHMA AMZI

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan menguji penerapan konseling strategi self instruction dalam mengelola kemarahan siswa kelas XI IPS3 SMAN 1 Menganti. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-experimental design berupa one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan 4 pilihan jawaban untuk mengetahui skor kemarahan siswa. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa kelas XI IPS3 yang memiliki kemarahan destruktif tinggi dibandingkan yang lain. Teknis analisis data yang digunakan adalah Uji Tanda. Hasil analisis Uji Tanda menunjukkan bahwa tanda positif (+) berjumlah 6. Berarti N (banyaknya pasangan yang menunjukkan perbedaan) adalah 6, sehingga X (banyaknya tanda yang lebih sedikit) adalah 0. Dengan melihat tabel tes binomial dengan ketentuan N = 6 dan X = 0, maka diperoleh ρ = 0,016. Bila menggunakan ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara pre-test dan post-test. Berdasarkan perhitungan diketahui hasil mean pre-test 96,5 dan mean post-test 83,67 maka dapat disimpulkan bahwa pemberian konseling kelompok dengan teknik self instruction dapat menurunkan skor kemarahan destruktif siswa.

 

Kata Kunci: Kemarahan, Self Instruction

Published
2014-07-15
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 48