PENERAPAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X-9 DI SMA KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA

  • ANJAR RAHARYANTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan konseling kelompok realita untuk meningkatkan motivasi berprestasi pada pelajaran Matematika siswa kelas X-9 di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, pre-test post-test one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat motivasi berprestasi pada pelajaran Matematika siswa kelas X-9. Subyek dalam penelitian ini adalah 7 siswa kelas X-9 di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya yang memiliki motivasi berprestasi pada pelajaran Matematika yang rendah.

Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non-parametrik dengan menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon (Wilcoxon signed rand test) menunjukkan nilai Thitung = 0. Bila taraf kesalahan sebesar 5% (0,05) dan N = 7 maka diperoleh nilai Ttabel = 2 sehingga dapat ditarik kesimpulan Thitung < Ttabel. Hasil analisis tersebut dapat dilihat adanya peningkatan skor motivasi berprestasi pada pelajaran Matematika setelah diberikan perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Penerapan konseling kelompok realita dapat meningkatkan motivasi berprestasi pada pelajaran Matematika siswa kelas X-9 di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya” dapat diterima.

Kata Kunci: Konseling kelompok realita, Motivasi berprestasi pada pelajaran Matematika

 

Published
2014-07-15
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 95