PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENGURANGI TINGKAT GLOSSOPHOBIA PADA SISWA KELAS XI IPS-1 DI SMA NEGERI 1 GEDANGAN

  • PRADITA ARISGI W

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya siswa yang tidak berani tampil dan berbicara di depan banyak orang saat harus melakukan berbagai aktivitas yang mengharuskan berbicara di depan banyak orang seperti presentasi, berpendapat, berpidato dsb. Setelah melakukan pengamatan pada siswa dan wawancara dengan guru BK diketahui bahwa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Gedangan merupakan kelas yang terindikasi terdapat banyak siswa yang mengalami ketakutan berbicara di depan banyak orang (Glossophobia) sebanyak 77,42% dengan tingkatan yang berbeda. Gejala yang dialami siswa yang mengalami glossophobia yaitu gerogi, lupa harus berbicara apa, bingung, anggota tubuh gemetar, pusing, ingin pergi ke toilet, sakit perut hingga sesak nafas. Glossophobia bersumber pada pikiran negatif yang irasional pada diri siswa.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan skor sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok dengan teknik self instruction untuk mengurangi tingkat glossophobia yang dialami siswa. Penelitian ini menggunaan penelitian  experimental design dengan one group pre-test post-test design. Subyek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas XI IPS-1 di SMA Negeri Gedangan yang  teridentifikasi memiliki skor glossophobia tertinggi, yang dapat diketahui melalui angket pengukuran awal (pre-test).

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angketglossophobia dan teknik analisis data yaitu statistik non parametric denganuji jenjang Wilcoxon. Setelah diadakan analisis dengan menggunakan uji jenjang Wilcoxon, dapat diketahui bahwa n = 6, dari tabel diperoleh Ttabel =-1 lebih kecil dari α sebesar 5% = 0, terdapat penurunan skor yang dapat dilihat dari mean skorpre-test dan post-test dari 162,17 menjadi 150,33.  maka diputuskan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti hipotesis penelitian yang berbunyi “Skor perilaku Glossophobia yang dibantu dengan konseling kelompok dengan teknik self instructionmenurundan dapat diterima”. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa konseling dengan teknik self instruction untuk mengurangi tingkat glosophobia pada siswa kelas XI IPS-1 di SMA Negeri 1 Gedangan.

 Kata Kunci :Konseling Kelompok dengan Teknik Self Instruction, Glossophobia.

Published
2014-07-15
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 370