PENERAPAN LAYANAN INFORMASI JURUSAN IIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP JURUSAN IIS KELAS X IIS-1 SMA NEGERI 1 JOGOROGO

  • LENY DWI RATNA RATRI

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara didapatkan fakta bahwa banyak siswa kelas X jurusan IIS SMA Negeri 1 Jogorogo mempunyai pemahaman yang kurang terhadap jurusan IIS. Hal ini ditandai dengan adanya pemikiran negatif terhadap jurusan yang telah mereka pilih. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji peningkatan pemahaman tentang jurusan IIS siswa kelas X IIS-1 SMA Negeri 1 Jogorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre-eksperimen dengan rancangan pretest-posttest one group design. Analisis data menggunakan  statistik parametrik yaitu  t-test. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari analisis t tabel dengan taraf signifikan 5% dan N=30, sebesar 2,045 sedangkan t hitung yang diperoleh sebesar 27,6 sehingga dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel. Dan juga selisih antara nilai rata-rata mean pre-testsebesar 131, 566 dengan nilai rata-rata post-test 168,633 sebesar 37,067.  Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi “Penerapan layanan informasi IIS dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap jurusan IIS kelas X IIS-1 SMAN 1 Jogorogo”., Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif pemberian layanan informasi tentang jurusan IIS, yaitu pemahaman siswa tentang jurusan IIS lebih meningkat setelah diberikan layanan informasi.

 

Kata kunci : Layanan Informasi, Pemahaman Terhadap Jurusan IIS

Published
2014-07-16
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 21