PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN DIALOG DALAM KONSELING KELOMPOK GESTALT UNTUK MENGURANGI TINGKAT KETERISOLASIAN SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 PARE

  • SION INTYARANI

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara di dapatkan fakta mengenai tingginya tingkat keterisolasian siswa di SMA Negeri 2 Pare. Hal ini di tunjukkan dengan adanya kasus siswa yang melamun di dalam kelas, sikap yang menutup diri, jarang berinteraksi dengan orang lain dan tidak bersemangat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan jumlah skor yang diperoleh siswa terisolasi sebelum dan sesudah diberikan teknik permainan dialog dalam konseling kelompok Gestalt pada kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Pare. Subyek penelitian di ambil dari siswa kelas XI IPS, karena di harapkan mampu mengurangi tingkat keterisolasian siswa untuk memahami siapa dirinya dan bertanggung jawab atas perilakunya dan meningkatkan kebermaknaan hidupnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental designs dengan jenis pre-test post-test one group design, sedangkan subyek penelitiannya adalah 9 siswa kelas XI IPS 1 dan IPS 2 di SMA Negeri 2 Pare yang memiliki tingkat keterisolasian tinggi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang siswa yang memiliki tingkat keterisolasian tinggi yakni dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Tanda. Hasil analisis Uji Tanda menunjukkan bahwa tanda positif (+) berjumlah 9. Berarti N (banyaknya tanda yang lebih sedikit) adalah 9, sehingga X (banyaknya tanda yang lebih sedikit) adalah 0. Dengan melihat tabel tes binomial dengan ketentuan N=6 dan X=0, maka diperoleh ρ=0,002. Bila menggunakan ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat di simpulkan bahwa harga 0,002 < 0,05, dengan demikian Ho di tolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada perbedaan jumlah skor yang di peroleh siswa terisolasi sesudah diberikan teknik permainan dialog dalam konseling kelompok Gestalt pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Pare. Di harapkan konselor dapat mengunakan teknik permainan dialog dalam konseling kelompok Gestalt sebagai salah satu alternatif dalam mengurangi keterisolasian siswa yang tinggi.

Kata Kunci: Teknik Permainan Dialog, Keterisolasian

Published
2014-07-21
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 79