PENERAPAN KONSELING KELOMPOK RASIONAL EMOTIF PERILAKU UNTUK MENINGKATKAN PENGENDALIAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PANGGUL TRENGGALEK

  • AJENG ARININGSUN

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara didapatkan fakta mengenai rendahnya pengendalian diri siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Panggul Trenggalek, hal ini ditunjukkan dengan kasus siswa misalnya memicu pertengkaran dan mengejek temannya, sering berkata kotor dan mengumpat, berpacaran secara berlebihan, merokok, dan mudah marah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan konseling kelompok rasional emotif perilaku dalam meningkatkan pengendalian diri siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Panggul Trenggalek. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental design dengan jenis pre-test post-test one group design. Subyek penelitiannya adalah 7 siswa kelas VIII SMP negeri 4 Panggul yang memiliki pengendalian diri rendah. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang siswa yang memiliki pengendalian diri rendah yakni dengan menggunakan angket. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji analisis statistik non parametrik dengan uji jenjang bertanda Wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan bahwa signed rank yang bertanda positif (+) berjumlah 28, sedangkan jumlah signed rank yang bertanda negatif (-) adalah 0. T hitung diperoleh dari jumlah terkecil dari signed rank, yaitu 0. Mengacu pada tabel harga kritis pada tes Wilcoxon, dengan taraf signifikansi 5% (0,05) dan N = 7 diperoleh T tabel sebesar 2. Berdasarkan perhitungan tersebut diketahui bahwa T hitung < T tabel (0 < 2), dengan demikian maka H0 ditolak dan  diterima. Hal ini membuktikan bahwa pemberian konseling kelompok rasional emotif perilaku dapat meningkatkan pengendalian diri siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Panggul Trenggalek.

 

Kata kunci: konseling kelompok rasional emotif perilaku, pengendalian diri

Published
2014-07-23
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 115