PENGEMBANGAN PAKET PELATIHAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI DALAM KONSELING SEBAYA (PEER COUNSELING) UNTUK SISWA SMA DAN SEDERAJAT

  • ZAZILATUL KHIKMIYAH

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan R&D (research and development) atau penelitian pengembangan yang menghasilkan suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan seperangkat paket pelatihan keterampilan dasar komunikasi dalam konseling sebaya untuk siswa SMA dan sederajat beserta panduan pelaksanaan pelatihan yang dapat diterima secara teoritis maupun praktis. Produk pengembangan yang dihasilkan terdiri atas tiga jenis, yaitu buku 1 : paket panduan pelatihan keterampilan dasar komunikasi dalam konseling sebaya untuk Konselorsekolah, buku 2 : paket panduan pelatihan keterampilan dasar komunikasi untuk pembimbing sebaya, dan buku 3 : suplemen pelatihan keterampilan dasar komunikasi dalam konseling sebaya. Media tersebut dikembangkan dengan memenuhi kriteria kelayakan materi keterampilan dasar komunikasi dalam konseling sebaya untuk siswa SMA dan Sederajat.

Pengembangan paket pelatihan keterampilan dasar komunikasi dalam konseling sebaya untuk siswa SMA dan Sederajat ini mengadopsi tahapan model pengembangan Borg & Gall yang telah disederhanakan oleh Tim Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional (Tim Pulitjaknov) pada tahun 2008. Tahapan yang dilakukan meliputi : (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) pengembangan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, dan 5) produk akhir. Untuk mengetahui kelayakan paket pelatihan maka dilakukan uji validitas produk kepada ahli materi (2 orang), ahli media (2 orang), ahli praktisi (3 orang) dan uji coba lapangan kecil (18 pembimbing sebaya). Instrumen penelitian ini berupa angket yang digunakan untuk mengetahui kelayakan angket. Adapun hasil pengisian angket kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif persentase.

Hasil penelitian yang diperoleh dari validasi yang menunjukkan bahwa paket pelatihan keterampilan dasar komunikasi dalam konseling sebaya untuk siswa SMA dan Sederajat memenuhi kriteria kelayakan dengan skor total 88.91%. Skor tersebut diperoleh dari hasil uji ahli materi (81,7%), ahli media (94,35%), ahli praktisi (91,02%), dan uji coba lapangan kecil/pembimbing sebaya (88,56%) termasuk kategori sangat baik dan tidak perlu direvisi. Dengan demikian paket pelatihan keterampilan dasar komunikasi dalam konseling sebaya untuk siswa SMA dan Sederajat layak digunakan dan dikembangkan pada siswa SMA dan Sederajat.

 

Kata Kunci : Paket Pelatihan, Keterampilan dasar komunikasi, konseling sebaya.

Published
2014-08-12
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 109