PENERAPAN TERAPI NLP (NEURO LINGUISTIC PROGRAMMING) UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 PARE

  • FENI ETIKA RAHMAWATI

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara didapatkan fakta mengenai tingginya tingkat kecemasan berbicara di depan umum pada siswa di SMA Negeri 2 Pare. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terapi NLP (neuro linguistic programming) dapat menurunkan kecemasan berbicara di depan umum siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pare. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre Experimental dan jenis penelitian pre-tes dan post-test one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket kecemasan berbicara di depan umum untuk mengetahui siswa yang mengalami kecemasan saat berbicara di depan umum tinggi dan juga digunakan untuk mengukur hasil dari perlakuan terapi NLP (Neuro Linguistic programming). Subyek penelitian ini adalah 8 siswa yang memiliki tingkat kecemasan berbicra di depan umum dari 286 siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pare yang berjumlah 9 rombongan belajar. Berdasarkan hasil analisis statistic non parametrik dengan uji tanda berjenjang Wilcoxon maka dapat diketahui N = 8 dan Thitung=0. Mengacu pada tabel harga kritis pada tes Wilcoxon dengan taraf signifikansi 5% dan N = 8 diperoleh Ttabel = 4 sehingga Thitung lebih kecil Ttabel (0<4). Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa hipotesis yang berbunyi terapi NLP (Neuro Linguistic Programming) dapat menurunkan kecemasan berbicara di depan umum siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pare. Dengan demikian dari hasil analisis uji tanda berjenjang Wilcoxon tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis dari penelitian yang berbunyi “terapi NLP (Neuro Linguistic Programming) dapat menurunkan kecemasan berbicara di depan umum siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pare” dapat diterima.

 

Kata Kunci: Terapi NLP (Neuro Linguistic Programming), kecemsan berbicara di depan umum

Published
2014-08-13
Abstract Views: 99
PDF Downloads: 420