PROKRASTINASI AKADEMIK (PENUNDAAN AKADEMIK ) MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGRI SURABAYA

  • SHOFI SEPTI PURNAMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian diskriptif yang menggunakan dua metode yaitu metode survey dan metode korelasi . Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket (kuisioner) untuk mengetahui tingkat perilaku prokrastinasi akademik. Dan untuk mengukur derajat prokrastinasi akademik menggunakan alat ukur kuesioner Prokrastination Academic Student- scale (PASS) hasil penyusunan Solomon and Rothblum (1984).Sampel  penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaa dengan jumlah 275 mahasiswa dari populasi sebanyak 1338 mahasiswa.

Berdasarkan hasil penelitian menerangkan bahwa dari 275 mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya yang diteliti 170 mahasiswa (62%) tergolong perilaku prokrastinasi akademik kategori sedang dan sebanyak 59 mahasiswa ( 21%) tergolong pada kategori tinggi Sedangkan 46 mahasiswa ( 17%) pada kategori rendah. Area prokrastinasi akademik yang cukup banyak dilakukan mahasiswa FIK adalah area membaca buku atau referensi yang berkaitan dengan tugas akademik yaitu sebanyak 94%. Alasan prokrastinasi akademik yang banyak dipilih mahasiswa FIK adalah alasan kecemasan evaluasi sebanyak 64%, kemudian alasan pengambilan resiko 63%, dan alasan takut akan keberhasilan sebanyak 63%.

Selanjutnya berdasarkan hasil korelasi prokrastinasi akademik dengan Indeks Prestasi Semester terdapat perbedaan yang signifikan yang ditunjukkan 1≥ - rxy : -0,558 artinya : semakin besar mengalami Prokrastinasi akademik maka nilai IP semakin rendah . Begitu juga dengan hasil korelasi antar keaktifan organisasi mahasiswa dengan prokrastinasi akademik koefisien korelasi rxy : 0,192  dengan p= 0,000 ( p<0,055) menunjukkan bahwa semakin tinggi mengikuti keaktifan organisasi mahasiswa, maka akan semakin tinggi pula tingkat prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan UNESA.

 

Kata kunci :Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa

Published
2014-08-14
Abstract Views: 163
PDF Downloads: 284