PENERAPAN TEKNIK JIGSAW DALAM LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI TEI 3 SMKN I DRIYOREJO, GRESIK

  • ILLA SURYANINGSIH

Abstract

Kemampuan komunikasi interpersonal yang rendah menyebabkan siswa sulit untuk beradaptasi dengan lingkungannya, misalnya tidak bertegur sapa dengan temannya, tidak menegur guru terlebih dahulu, sulit mengungkapkan pendapat saat diskusi, sulit mengawali dan mengakiri pembicaraan dengan orang yang lebih tua, dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru BK, siswa kelas XI TEI 3 paling banyak mengalami masalah tersebut. Belum ada penangan secara khusus dari guru BK untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga diperlukan penanganan khusus agar siswa mudah beradaptasi dengan lingkungannya yakni dengan teknik jigsaw dalam layanan informasi.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan teknik jigsaw dalam layanan informasi untuk peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas XI TEI 3 SMKN I Driyorejo, Gresik. Metode pengumpulan data  yang digunakan untuk mengetahui skor kemampuan komunikasi interpersonal siswa yang rendah dalam penelitian ini adalah angket.

Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi experimental, dengan menggunakan rancangan pre test-post test one group design yaitu pendekatan yang diberikan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Kelompok eksperimen pada penelitian ini diberikan tes awal, perlakuan dan tes akhir. Subyek pada penelitian ini adalah dua belas siswa dari kelas XI TEI 3 yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic non parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon.

                Berdasarkan hasil analisis Wilcoxon dengan taraf signifikan 5 % dan N = 12 diketahui Ttabel = 14 sehingga Thitung lebih kecil Ttabel (0<14) berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu penerapan teknik jigsaw dalam layanan informasi dapat meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas XI TEI 3 SMKN I Driyorejo, Gresik.

                Dengan demikian dari hasil analisis uji Wilcoxon tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi “penerapan teknik jigsaw dalam layanan informasi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas XI TEI 3 SMKN I Driyorejo, Gresik.” Dapat diterima.

 Kata kunci            : Teknik Jigsaw dalam Layanan Informasi, Kemampuan Komunikasi Interpersonal.                                                                                                                 

Published
2014-08-14
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 34