PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI COPING UNTUK MENGURANGI STRES BELAJAR SISWA KELAS X  SMA NEGERI 1 TUBAN

  • NURUL FATCHUR RACHMA

Abstract

 

Setiap siswa yang belajar umumnya menginginkan hasil yang baik dalam belajar. Dalam prosesnya muncul berbagai hambatan sehingga tidak semua siswa mampu mencapai hasil yang diinginkan. Dari permasalahan diatas dapat menyebabkan berbagai dampak diantaranya kelelahan, kejenuhan belajar, kurangnya konsentrasi, keadaan tertekan dan terlalu banyaknya masalah yang dihadapi sehingga mengalami stres belajar. Pada siswa kelas X MIA 4 dan X MIA 6 SMA Negeri 1 Tuban terdapat siswa yang mengalami masalah stres belajar yang tinggi, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penggunaan strategi coping dalam konseling kelompok untuk mengurangi stres belajar.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan eksperimen berupa pre-test post-test one group design. Metode yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah angket. Angket digunakan untuk mengidentifikasi siswa kelas X MIA 4 dan X MIA 6 yang memiliki skor stres belajar tinggi, yang selanjutnya dijadikan sebagai subyek penelitian yaitu sebanyak 8 siswa. Adapun langkah yang dilakukan yaitu konseling kelompok selama 6 kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik non parametrik dengan menggunakan uji tanda atau sign test. Hasil analisis menunjukkan bahwa N=8 dan X=0 diperoleh harga ρ=0,004, harga tersebut lebih kecil dari α dan berada pada daerah penolakan untuk α=0.05.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti hipotesis yang diajukan dapat diterima yang bearti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang bearti terdapat perbedaan skor antara hasil pretest dan postest. Kemudian dengan melihat selisih mean antara hasil pretest dan postest dapat diketahui bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu “penerapan konseling kelompok dengan menggunakan strategi coping dapat mengurangi stres belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Tuban”.

 

 

           

Kata kunci :         Strategi coping, stres belajar

 

Published
2014-08-14
Abstract Views: 223
PDF Downloads: 373