PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI SISWA KELAS VIIIC SMP DARUSSALAM BAURENO BOJONEGORO

  • AHMAD KUSENI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan layanan bimbingan kelompok dengan metode mind mapping yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman diri pada siswa kelas VIIIC SMP Darussalam Baureno, sehingga siswa dapat meningkatkan pemahaman dirinya, dan mencapai perubahan positif untuk menjadi orang yang lebih baik melalui metode yang efektif yaitu mind mapping. Penelitian ini mengunakan rancangan pre experimental design dengan One Group pre-test pos-test Design. Metode pengumpul data yang digunakan berupa angket tertutup. Subyek penelitian diambil 8 siswa kelas VIIIC SMP Darussalam Baureno Bojonegoro yang memiliki pemahaman diri rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tanda. Dari analisis uji tanda diperoleh 8 tanda yang menunjukan tanda positif (+) maka N (banyaknya tanda yang menunjukan adanya perbedaan) adalah 8 dan x (banyaknya tanda yang lebih sedikit) adalah 0, kemudian dikonsultasikan pada tabel tes binominal dengan ketentuan N= 8 dan x =0, maka di peroleh p = 0,004 jika taraf kesalahan 5% adalah 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,04 < 0,05 hal ini  menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dan positif antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan. perbedaan antara mean pre-test yaitu 142 dan post-test 178,125 menunjukan selisih peningkatan 36,125 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yaitu penerapan layanan bimbingan kelompok dengan metode mind mapping dapat meningkatkan pemahaman diri siswa kelas VIIIC SMP Darussalam Baureno Bojonegoro Yang dibuktikan dengan adanya perbedaan skor positif dan signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok dengan metode mind mapping.

 

Kata kunci: Bimbingan kelompok, Metode mind mapping, Pemahaman diri

Published
2014-08-14
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 153