PENGEMBANGAN MATERI LAYANAN INFORMASI STUDI LANJUT MELALUI MEDIA WEB SERVER DI KELAS VIII C SMP NEGERI 1 PRAMBON

  • MOCH FATONI AGUNG SETIAWAN

Abstract

Secara umum layanan Informasi studi lanjut dibutuhkan siswa SMP kelas VIII untuk memperoleh informasi tentang sekolah lanjutan tingkat atas sebagai upaya dalam memilih sekolah yang sesuai dengan bakat dan minat. Pemilihan sekolah dapat terlaksana dengan baik bila layanan informasi diberikan secara optimal. Dengan adanya pengembangan materi layanan informasi studi lanjut melalui media Web Server diharapkan dapat mengoptimalkan layanan informasi bagi siswa.

                Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan R&D (research dan development) atau penelitian pengembangan yang menghasilkan suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi layanan informasi studi lanjut melalui media Web Server yang berisi mengenai informasi tentang sekolah lanjutan tingkat atas sebagai upaya inovatif dalam pemberian layanan informasi studi lanjut pada siswa SMP Negeri 1 Prambon yang dapat diterima dari segi kepraktisan dan kemenarikan. Media tersebut dikembangkan dengan memenuhi kriteria kelayakan materi layanan informasi studi lanjut melalui media Web Server.

                Hasil penelitian yang diperoleh dari validasi yang menunjukkan bahwa materi layanan informasi studi lanjut melalui media Web Server memenuhi kriteria kelayakan dengan skor total 88 %. Skor tersebut diperoleh dari hasil uji ahli materi, ahli media dan praktisi serta siswa, Media ini dikategorikan sangat baik dan tidak perlu direvisi. Dengan demikian materi layanan informasiu studi lanjut melalui media Web Server layak digunakan dan dikembangkan pada siswa SMP Negeri 1 Prambon

 

Kata Kunci : Layanan informasi studi lanjut, media Web Server

Published
2014-08-14
Abstract Views: 219
PDF Downloads: 414