PENERAPAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOUR MODIFICATION (CBM) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DALAM BELAJAR SISWA KELAS X-APH (AKOMODASI PERHOTELAN) DI SMK GEMA 45 SURABAYA

  • KASYIFATUL MARDIYAH

Abstract

Dari hasil observasi yang dilakukan di SMK Gema 45 Surabaya, ditemukan bahwa banyak siswa yang mempunyai tanggung jawab dalam belajar yang rendah, maka dari itu diberikanlah konseling kelompok CBM dengan strategi self instruction dan self monitoring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegunaan konseling kelompok CBM untuk meningkatkan tanggung jawab dalam belajar siswa kelas X – APH di SMK Gema 45 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperiment design dengan jenis pre-test post-test one group design, sedangkan subyek penelitiannya adalah 6 siswa kelas X – APH di SMK Gema 45 Surabaya yang memiliki tanggung jawab dalam belajar rendah. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang siswa yang memiliki tanggung jawab dalam belajar rendah yakni dengan menggunakan angket. Teknis analisis data yang digunakan adalah Uji Tanda. Hasil analisis Uji Tanda menunjukkan bahwa tanda positif (+) berjumlah 6. Berarti N (banyaknya pasangan yang menunjukkan perbedaan) adalah 6, sehingga X (banyaknya tanda yang lebih sedikit) adalah 0. Dengan melihat tabel tes binomial dengan ketentuan N = 6 dan X = 0, maka diperoleh ρ = 0,016. Bila menggunakan ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara pre-test dan post-test. Berdasarkan perhitungan diketahui hasil mean pre-test 72,5 dan mean post-test 130,6 maka dapat disimpulkan bahwa pemberian konseling kelompok CBM dapat meningkatkan tanggung jawab dalam belajar siswa.

 

Kata Kunci: Tanggung Jawab Dalam Belajar, Konseling Kelompok CBM .

Published
2014-08-17
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 564