PENGEMBANGAN PAKET PEMINATAN DALAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK SISWA DI SMP

  • FANISTIKA LAILATUL MAKRIFAH

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan paket yang bertujuan mengembangkan seperangkat paket peminatan untuk mengetahui akseptabilitas dan kemampuan paket peminatan. Produk yang dihasilkan terdiri dari 2 penggalan, yaitu penggalan 1 berupa paket peminatan untuk Konselor dan paket penggalan 2 untuk siswa.

Pengembangan paket peminatan ini dilakukan dengan mengadaptasi tahapan model pengembangan Borg & Gall, yang mencakup (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan, (3)Pengembangan Produk, (4) uji produk kepada ahli materi, media dan calon pengguna, (5) evaluasi dan revisi, dan (6) uji lapangan kepada kelompok kecil (siswa). Selanjutnya hasil pengumpulan data tersebut dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.

Hasil analisis paket peminatan menunjukkan persentase kegunaan dengan hasil penilaian 86 %, kemudahan degan hasil penilaian 84,8 %, ketepatan dengan hasil penilaian 82,6 %, dan kepatutan dengan hasil penilaian 84,6 % dan dengan hasil penilaian  rata-rata 84,5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa paket Peminatan telah memenuhi kriteria akseptabilitas  yang meliputi kegunaan, kemudahan, ketepatan dan kepatutan  untuk diberikam kepada siswa SMP.

 

Kata Kunci          : Pengembangan, Paket Peminatan

Published
2014-08-20
Abstract Views: 456
PDF Downloads: 582