PENERAPAN KONSELING KELOMPOK REALITA TEKNIK WDEP UNTUKMENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 ROGOJAMPI BANYUWANGI

  • ALI MASROHAN

Abstract

Disiplin belajar merupakan suatu pelaksanaan pedoman-pedoman yang baik di dalam usaha belajar dengan menerapkan cara belajar yang baik. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru BK di SMA Negeri 1 Rogojampi didapatkan beberapa fakta bahwa kelas XI IPS memiliki tingkat kedisiplinan belajar siswa yang rendah. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan intervensi menggunakan konseling kelompok realita teknik WDEP untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan konseling realita teknik WDEP untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rogojampi Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian pre-test post-test one group design. Penelitian dilakukan pada 8 siswa kelas XI IPS yang memiliki nilai disiplin belajar terendah. Analisis data yang digunakan adalah analisis non parametrik dengan Uji Tanda. Hasil analisis Uji Tanda menunjukkan bahwa tanda positif (+) berjumlah 8. Berarti N (banyaknya pasangan yang menunjukkan perbedaan) adalah 8, sehingga x (banyaknya tanda yang lebih sedikit) adalah 0. Dengan melihat tabel tes binomial dengan ketentuan N = 8 dan x = 0, maka diperoleh ρ = 0,04. Bila menggunakan ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,04 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu juga terdapat perbedaan antara skor pre-test dan post-test, dimana hasil rata-rata yang diperoleh saat pre-test sebesar 120 dan untuk  hasil rata-rata post-test sebesar 174. Sedangkan selisih rata-rata pre-test dan post-test sebesar 54. Hal tersebut menunjukkan bahwa skor pre-test < post-test yang berarti skor disiplin belajar siswa kelas XI IPS meningkat. Hal ini membuktikan bahwa penerapan konseling kelompok realita teknik WDEP dapat meningkatkan disiplin belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rogojampi Banyuwangi

 

Kata Kunci: konseling kelompok realita, teknik WDEP, disiplin belajar siswa

 

Published
2014-08-20
Abstract Views: 148
PDF Downloads: 680