PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK KEMANTAPAN PILIHAN KARIER SISWA KELAS X-3 SMA SUNAN DRAJAT SUGIO-LAMONGAN

  • EVI MAYA SARI

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi seringnya dijumpai individu yang mengalami masalah tentang masalah karier. Permasalahan-permasalahn tentang karier terkait dengan pekerjaan yang akan dipilih individu terjadi pada masa remaja. Ketidakpastian individu dalam pilihan karier terjadi karena individu tersebut merasa bingung dan ragu-ragu.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk membantu meningkatkan kemantapan pilihan karier siswa kelas X-3 SMA Sunan Drajat Sugio. Dalam pemberian angket pre-testdari 34 siswaditemukan 8 siswa yang memiliki skor rendah. Dari 8 siswa tersebut diberikan perlakuan dengan menggunkan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemantapan pilihan kariernya.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experiment dengan jenis One-Group Pre-test and Post-test Design. Subyek penelitian ini adalah delapan siswa kelas X-3 SMA Sunan Drajat Sugio yang memiliki kemantapan pilihan karier rendah.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui kempatapan pilihan karier siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji tanda (sign test).Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa N = 8 dan x = 0, maka diperoleh r = 0,004 lebih kecil dari α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan Bimbingan.

Dengan demikian dari hasil analisis uji tanda yang berbunyi “bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat meningkatkan kemantapan siswa terhadap pilihan karier kelas X-3 SMA Sunan Drajat Sugio” dapat diterima.

 

 

Kata kunci: bimbingan kelompok dengan teknik diskusi, kemantapan pilihan karier.

 

Published
2014-08-21
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 182