PENERAPAN SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY (SFBT) UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI SISWA KELAS XI BAHASA SMA AL-ISLAM KRIAN

  • MANIS ANGGRA PRATIWI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penerapan Solution Focused Brief Therapy (SFBT) dalam meningkatkan harga diri siswa  kelas XI Bahasa SMA AL-ISLAM Krian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experimental dengan jenis one group pre-test dan post-test design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 siswa dari 24 siswa kelas XI Bahasa SMA AL-ISLAM Krian yang mempunyai harga diri rendah. Metode pengumpul data yang digunakan adalah angket harga diri siswa. Jenis angket yang digunakan angket tertutup dengan 4 alternatif jawaban yaitu sangat setuju, setuju,tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistic non parametric dengan uji tanda (sign test). Setelah diperoleh data hasil dari angket pre-test dan post-test, maka selanjutnya dapat dilakukan analisis dengan uji tanda, dapat diketahui ρ = 0,031 lebih kecil dari α sebesar 5% = 0,05. Dapat diartikan setelah diberikan perlakuan Solution Focused Brief Therapy mengalami peningkatan harga diri siswa. Dari hasil analisis data dapat diketahui ada perbedaan skor antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yang menggunakan Solution Focused Brief Therapy dalam meningkatkan harga diri siswa kelas XI Bahasa SMA AL-ISLAM Krian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling solution focused brief therapy dapat digunakan untuk meningkatkan harga diri siswa kelas XI Bahasa SMA AL-ISLAM Krian.

Kata kunci : Solution Focused Brief Therapy, Harga diri siswa

Published
2014-08-22
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 341