PENGGUNAAN MIND MAPPING DALAM LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI PASIRIAN-LUMAJANG

  • GALUH ARIFIYAN P

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara didapatkan fakta bahwa banyak siswa kelas XI-IPS di SMA Negeri Pasirian mempunyai perencanaan karier yang rendah. Hal ini dikarenakan siswa masih belum memahami akan studi lanjut kemana nantinya setelah lulus SMA. Oleh karena itulah siswa kurang mampu dalam merencanakan karier mereka yang disebabkan karena masih belum mengetahui kekurangan dan kelebihan diri serta informasi mengenai Perguruan Tinggi Negeri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penggunaan mind mapping dalam layanan informasi mampu meningkatkan perencanaan karier siswa kelas XI IPS di  SMA Negeri Pasirian Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre-eksperimen dengan rancangan pretest-posttest one group design. Analisis data menggunakan  statistik parametrik yaitu  t-test. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari analisis t tabel dengan taraf signifikan 5% dan N=28, sebesar 2,048 sedangkan t hitung yang diperoleh sebesar 11,64 sehingga dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi “Penggunaan mind mapping dalam layanan informasi dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa kelas XI IPS di SMAN Pasirian-Lumajang ” dapat diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif pemberian mind mapping dalam layanan informasi tentang perencanaan karier, yaitu  kemampuan perencanaan karier siswa meningkat setelah diberikan mind mapping dalam layanan informasi.

 

Kata kunci : Mind Mapping, Layanan Informasi, Perencanaan Karier

Published
2014-08-22
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 66