PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA KELAS X-2 MADRASAH ALIYAH BILINGUAL KRIAN DALAM MEMANFAATKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

  • MARATUS SHOLIKHAH

Abstract

Bimbingan dan konseling adalah salah satu komponen penting dalam lingkungan pendidikan. Jika siswa tidak memperhatikan kegiatan layanan bimbingan dan konseling maka siswa akan mengalami kesulitan. Maka dari itu rendahnya minat siswa terhadap kegiatan layanan bimbingan dan konseling harus ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok utk meningkatkan minat siswa dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling pada siswa kelas X-2 Madrasah Aliyah Bilingual Krian. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen berupa one group pre-test and post-test design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui minat siswa dalam memanfaatkan layan bimbingan dan konseling. Subyek dalam pnelitian ini adalah 6 siswa kelas X-2 Madrasah Aliyah Bilingual Krian yang memiliki minat rendah dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling. Bedasarkan hasila analisis statistic non parametric dengan uji wilcoxon dengan taraf signifikan 5% dan N = 6   diperoleh Ttabel = 1 sehingga Thitung lebih kecil Ttabel (0 < 1). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling pada siswa X-2 Madrasah Aliyah Bilingual Krian Dari hasil analisis uji tanda tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi ada peningkatan minat siswa dalam memanfaatkan layann bimbingan dan konseling antara sebelum dan sesudah pemberian dapat diterima.

 

Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Minat Siswa dalam Memanfaatkan Layanan Bimbingan dan Konseling.

 

Published
2014-08-24
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 170