PENERAPAN KOMBINASI ANTARA TEKNIK RELAKSASI DAN SELF-INSTRUCTION UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 22 SURABAYA

  • ZUNI EKA KHUSUMAWATI

Abstract

Latar belakang dalam penelitian dimana terdapat 8 siswa di kelas XI-IPA 2 yang ditemui oleh peneliti saat berada di dalam kelas, nampak ada 1  siswa yang mengantuk di dalam kelas, 1 siswa yang masuk ke kelas sebelah yang bukan kelasnya, 1 siswa berada di koperasi/kantin walaupun jam pelajaran telah dimulai, 2 siswa telat datang masuk ke kelas, 1 siswa tiduran di ruang OSIS dengan alasan ada kegiatan OSIS, 1 siswa bermain HP/gaget di dalam kelas, 1 siswa ramai di dalam kelas dan tidak mendengarkan guru saat memberikan pelajaran, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kombinasi antara teknik relaksasi dan self-instruction dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas XI-IPA 2 SMA N 22 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan one group pre-test and post-test design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat kejenuhan belajar yang dialami siswa kelas XI-IPA 2 SMA N 22 Surabaya.  Subjek dalam penelitian ini adalah 8 siswa kelas XI-IPA 2 SMA N 22 Surabaya yang mengalami kejenuhan belajar yang tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan menggunakan uji tanda. Hasil analisis uji tanda menunjukkan bahwa N=8 dan x=0 dengan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05, maka diperoleh harga ρ=0,004, harga tersebut lebih kecil dari α=0,05. Dari hasil analisis tersebut dapat dilihat bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Penerapan kombinasi antara teknik relaksasi dan self-instruction untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas XI-IPA 2 SMA N 22 Surabaya ” dapat diterima.

 

Kata Kunci : Kombinasi, Teknik Relaksasi, Self-Instruction, Kejenuhan Belajar

Published
2014-11-18
Abstract Views: 776
PDF Downloads: 1019