https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/issue/feed Jurnal BK UNESA 2024-03-18T13:05:49+00:00 Open Journal Systems Jurnal Online Program Studi S-1 Bimbingan Dan Konseling - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/57972 PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK JURUSAN RPL 2023-12-25T13:38:01+00:00 Fiky Fanesteo Zakaria fikyfanesteo.19056@mhs.unesa.ac.id Denok Setiawati prodi_bk_unesa@yahoo.com <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengetahui apakah ada pengaruh positif dari pola asuh demokratis dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa SMK jurusan RPL. Dengan adanya penelitian mengenai pengaruh dari pola asuh demokratis dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa SMK jurusan RPL diharapkan akan mampu memberikan solusi pemecahan masalah dari penurunan prestasi belajar matematika siswa akibat jenis pola asuh dan pergaulan yang kurang tepat pada siswa, yang dapat mengarah pada permasalahan belajar pada siswa. Permasalahan belajar pada siswa perlu segera diatasi, karena jika dibiarkan hal tersebut akan mampu menyebabkan penurunan prestasi belajarnya di sekolah, dan khususnya pada mata pelajaran matematika yang penting untuk dapat dipahami oleh siswa khususnya pada siswa SMK jurusan RPL karena berkaitan dengan mata pelajaran produktifnya. Populasi dan sampel yang diambil berasal dari siswa SMK Semen Gresik jurusan RPL karena diduga mampu mewakili sampel pada penelitian yang akan dilakukan. Pengambilan data menggunakan teknik <em>homogeneous purposive sampling </em>karena pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 1(satu) jenis kelompok sampel saja. Hasil data yang diperoleh dikumpulkan dan ditabulasikan untuk dianalisis menggunakan uji analisis regresi linier berganda dengan menggunakan media software SPSS. Dari hasil uji analisis regresi linier berganda yang dilakukan, diperoleh bahwa: tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pola asuh demokratis terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SMK jurusan RPL dengan persentase sebesar 0,08%. Tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa SMK jurusan RPL dengan persentase sebesar 7,45%. Tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pola asuh demokratis dan pergaulan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa SMK jurusan RPL dengan persentase sebesar 7,5%.</p> <p>Kata Kunci: Pola Asuh Demokratis; Pergaulan Teman Sebaya; Prestasi Belajar Matematika</p> 2023-12-25T13:38:01+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/58720 STUDI LITERATUR PENERAPAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU TERLAMBAT DATANG PESERTA DIDIK KE SEKOLAH 2024-01-31T00:48:15+00:00 Muhammad Fajar Al Hakim muhammadfajar.19088@mhs.unesa.ac.id Evi Winingsih eviwiningsih@unesa.ac.id <p>Salah satu komponen penting di dalam pendidikan yaitu peserta didik. Peserta didik memiliki peranan penting dalam kemajuan bangsa dan Negara. Peserta didik sebagai generasi penerus sebisa mungkin harus menggunakan waktu dengan efektif, giat dalam belajar, serta berpikir dan melakukan tindakan positif. Perilaku negatif yang berkelanjutan dikhawatirkan dapat membentuk karakter atau kebiasaan buruk pada peserta didik. Salah satu bentuk perilaku menyimpang yaitu terlambat datang ke sekolah. Penelitian ini mengaji tentang penerapan teknik <em>self management </em>untuk mengurangi perilaku terlambat peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dengan jenis dan bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan teknik <em>self management </em>untuk mengurangi perilaku datang terlambat peserta didik ke sekolah.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Studi Literatur, <em>Self Management</em>, Terlambat Datang ke Sekolah<em>.</em></p> 2024-01-31T00:48:15+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/58848 LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REBT UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 PONOROGO 2024-02-20T07:41:44+00:00 Nafisah Aulia Hasanah nafisahaulia.19023@mhs.unesa.ac.id Titin Indah Pratiwi titinindahpratiwi@unesa.ac.id <p>Prokrastinasi akademik yaitu fenomena umum di kalangan siswa sekolah menengah keatas. Hal ini mengacu pada kecenderungan siswa untuk menunda-menunda tugas dan kegiatan akademik, meskipun mengetahui bahwa hal itu dapat berdampak negatif pada kinerja akademik mereka. <a name="_Toc156518836"></a>Sehingga, tujuan yang dimiliki penelitian ini yaitu agar dapat mengetahui tingkatan efektivitas atas konseling dengan berkelompok melalui metode REBT agar bisa meminimalisir sikap prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas XI di SMAN 1 Ponorogo. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober hingga November dengan pertemuan selama 3 (tiga) kali. Metode yang dipakai dalam menjalankan penelitian ini yaitu berupa pendekatan &nbsp;dengan wujuddeskriptif kuantitatif melalui sebuah desain “<em>pre-experiment one-group pre-post test”</em> menggunakan 5 (lima) siswa sebagai subjek penelitian yang dipilih dengan teknik <em>purposive sampling</em>. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan data bahwa terdapat penurunan dalam perilaku prokrastinasi akademik setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik REBT berdasarkan rata-rata hasil dari pemberian perlakuan pada nilai <em>pre-test </em>122,4 &gt; <em>post-test </em>100,2 yang memiliki rata-rata penurunan sebesar 22%. Agar perilaku prokrastinasi akademik dapat direduksi lebih maksimal, diharapkan di penelitian selanjutnya perlakuan diberikan lebih dari 1 (satu) siklus dan terus adanya monitoring pada perilaku tersebut.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Konseling Kelompok, Prokrastinasi Akademik, REBT.</p> 2024-02-20T07:41:44+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/58955 PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEORI JOHARI WINDOW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DIRI SISWA SMP 2024-03-18T13:05:49+00:00 Liveana Nur Anita liveanannur.19025@mhs.unesa.ac.id <p>Penulisan ini bermaksud meningkatkan pemahaman konsep diri siswa SMP. Subjek penelitiannya yakni siswa di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Surabaya sebanyak 28 siswa. Prosedur perlakuannya diterapkan sebanyak 6 kali pertemuan. Penulisan ini mempergunakan pre eksperimen dengan rancangan <em>one group pre tes post test design</em>. Penulisan ini sudah diterapkan uji validitas yang diperolehankan 37 item pernyataan yang valid dan 3 item gugur dari total keseluruhan angket pernyataan 40 item. Pengujian reliabilitas dengan skor cronbach alpha 0, 895. Perolehan penelitian menampilkan bahwasanya adanya perbedaan hasil antara sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Dari analisis data uji normalitas dari perolehan <em>pre test</em> mempunyai skor signifikansi 0.000 dan <em>post test</em> 0.010 yang mana bisa dikatakan bahwasanya skor residual tidak berdistribusi normal. Dan diterapkan uji <em>wilcoxon</em> guna melihat perbedaan data diperoleh <em>asymp sig (2-tailed)</em> sebesar 0.000. Perolehan analisis tersebut menyatakan bahwasanya hipotesis alternatif yakni penerapan layanan bimbingan klasikal dengan teori <em>Johari Window</em> bisa meningkatkan pemahaman konsep diri &nbsp;siswa SMP. Implikasi dari penulisan ini agar konselor bisa memberikan program BK layanan klasikal dengan inovatif yang mendukung peningkatan pemahaman konsep diri positif bagi siswa SMP. Harapannya penulisan ini bisa menjadi referensi guna dikembangkan penelitian berikutnya.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: Pemahaman Konsep diri, Bimbingan Klasikal, Teori&nbsp; <em>Johari Window</em></p> 2024-03-07T04:33:37+00:00 ##submission.copyrightStatement##