https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/issue/feedJurnal BK UNESA2024-07-29T22:41:19+00:00Open Journal SystemsJurnal Online Program Studi S-1 Bimbingan Dan Konseling - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESAhttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/63336EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU KONSUMTIF SISWA SMAN 1 BALONGPANGGANG2024-07-28T00:44:25+00:00Rakhma Niar Dwi Rahardiantirakhma.20086@mhs.unesa.ac.idMuhammad Farid Ilhamuddinmuhammadilhamuddin@unesa.ac.id<p>Permasalahan pada penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Balongpanggang menunjukkan perilaku konsumsi yang berlebihan karena kurangnya kontrol terhadap pengeluarannya. Alasan untuk ini termasuk keinginan untuk tampil modis dan elemen prestise. Sejauh mana pendekatan manajemen mandiri kelompok konseling dapat membantu siswa mengurangi konsumsi mereka? Itulah pertanyaan yang ingin dijawab oleh penelitian ini. Data primer untuk penelitian ini berasal dari survei yang diberikan kepada siswa SMAN 1 Balongpanggang Kelas X. Sebanyak 138 siswa merupakan populasi penelitian, dengan 10 individu sebagai sampel. Uji Wilcoxon digunakan sebagai pendekatan analisis data untuk membandingkan hasil. Kami dapat menyimpulkan bahwa 10 peserta yang mengambil bagian dalam strategi manajemen mandiri kelompok konseling mengalami penurunan gejala mereka karena penelitian menemukan bahwa pendekatan ini berhasil (peringkat rata-rata pada 10 subjek sebesar 5,50 dan jumlah peringkat 55,00). Temuan penelitian ini memberikan nasihat berharga bagi konselor sekolah dan konselor bimbingan: kelompok layanan konseling harus mempraktikkan manajemen diri yang sangat baik untuk mengurangi pengeluaran. </p> <p><strong>Kata kunci</strong> : Perilaku Konsumtif, Konseling Kelompok, <em>Self-Management</em></p>2024-07-28T00:44:25+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/63447Penerapan Konseling Kelompok Naratif Dengan Teknik Expressive Writing Untuk Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi di SMP Negeri 2 Surabaya2024-07-29T22:40:55+00:00Chyntia Sukma Hardiantrichyntia.20083@mhs.unesa.ac.idRetno Tri Hariastutiretnotri@unesa.ac.id<p>untuk mengetahui apakah teknik expressive writing dapat meningkatkan regulasi emosi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Surabaya. Desain penelitian menggunakan <em> penelitian pre-Experimental one-group pretest-posttest</em>. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu skala regulasi emosi, Uji Validitas instrumen Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan sampel 10 orang peserta didik dari kelas VIII di SMP Negeri 2 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknik expressive writing dapat meningkatkan regulasi emosi peserta didik. Dibuktikan dengan skor hasil rata-rata pretest sebesar 110 dan meningkat menjadi 124</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: Regulasiemosi<em>, Penulisan Ekspresif</em></p>2024-07-29T22:40:54+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/63453COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGATASI PERILAKU SELF INJURY PADA REMAJA2024-07-29T22:41:19+00:00Amirah Mutiara Yasminamirah.20067@mhs.unesa.ac.idNajlatun Naqiyahnajlatunnaqiyah@unesa.ac.id<p>Remaja yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan perubahan serta masalah yang muncul akan menimbulkan emosi dan pikiran negatif, kegagalan individu dalam merespon masalah dapat memicu perilaku negatif salah satunya <em>self injury</em>. Penelitian ini bertujuan memberi pandangan mengenai penggunaan metode <em>cognitive beha</em><em>rvior thera</em><em>rpy</em> untuk menurunkarn perilaku melukai diri pada remaja. Penulisan artikel menggunakan metode kajian literatur dengan sumber data yang digunakan sebanyak sepuluh artikel. Teknik anarlisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian yang dilakukan didapatkan bahwa <em>cognitive beha</em><em>rvior thera</em><em>rpy</em> dengan teknik restrukturisasi kognitif, manajemen diri, dan relaksasi otot dapat mengatasi perilaku <em>self injury</em> pada remaja.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>Cognitive Beha</em><em>rvior Thera</em><em>rpy</em><em>, Self Injury</em><em>, </em>Remaja</p>2024-07-29T22:41:19+00:00##submission.copyrightStatement##