Jurnal BK UNESA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa Jurnal Online Program Studi S-1 Bimbingan Dan Konseling - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA en-US prodi_bk_unesa@yahoo.com Sun, 28 Jul 2024 00:43:59 +0000 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU KONSUMTIF SISWA SMAN 1 BALONGPANGGANG https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/63336 <p>Permasalahan pada penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Balongpanggang menunjukkan perilaku konsumsi yang berlebihan karena kurangnya kontrol terhadap pengeluarannya. Alasan untuk ini termasuk keinginan untuk tampil modis dan elemen prestise. Sejauh mana pendekatan manajemen mandiri kelompok konseling dapat membantu siswa mengurangi konsumsi mereka? Itulah pertanyaan yang ingin dijawab oleh penelitian ini. Data primer untuk penelitian ini berasal dari survei yang diberikan kepada siswa SMAN 1 Balongpanggang Kelas X. Sebanyak 138 siswa merupakan populasi penelitian, dengan 10 individu sebagai sampel. Uji Wilcoxon digunakan sebagai pendekatan analisis data untuk membandingkan hasil. Kami dapat menyimpulkan bahwa 10 peserta yang mengambil bagian dalam strategi manajemen mandiri kelompok konseling mengalami penurunan gejala mereka karena penelitian menemukan bahwa pendekatan ini berhasil (peringkat rata-rata pada 10 subjek sebesar 5,50 dan jumlah peringkat 55,00). Temuan penelitian ini memberikan nasihat berharga bagi konselor sekolah dan konselor bimbingan: kelompok layanan konseling harus mempraktikkan manajemen diri yang sangat baik untuk mengurangi pengeluaran.&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci</strong> : Perilaku Konsumtif, Konseling Kelompok, <em>Self-Management</em></p> Rakhma Niar Dwi Rahardianti, Muhammad Farid Ilhamuddin ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/63336 Sun, 28 Jul 2024 00:44:25 +0000 Penerapan Konseling Kelompok Naratif Dengan Teknik Expressive Writing Untuk Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi di SMP Negeri 2 Surabaya https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/63447 <p>untuk mengetahui apakah teknik expressive writing dapat meningkatkan regulasi&nbsp; emosi&nbsp; pada&nbsp; peserta&nbsp; didik&nbsp; kelas VIII&nbsp; SMP Negeri 2 Surabaya. Desain penelitian menggunakan <em>&nbsp;penelitian pre-Experimental one-group pretest-posttest</em>. Instrumen&nbsp; pengumpulan&nbsp; data&nbsp; yang&nbsp; digunakan&nbsp; yaitu&nbsp; skala&nbsp; regulasi emosi, Uji&nbsp; Validitas&nbsp; instrumen&nbsp; Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan sampel 10 orang peserta didik dari kelas VIII di SMP Negeri 2 Surabaya. Hasil penelitian&nbsp; ini&nbsp; menunjukan&nbsp; bahwa teknik expressive writing dapat&nbsp; meningkatkan&nbsp; regulasi&nbsp; emosi&nbsp; peserta&nbsp; didik.&nbsp; Dibuktikan&nbsp; dengan&nbsp; skor&nbsp; hasil&nbsp; rata-rata pretest sebesar 110 dan meningkat menjadi 124</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: Regulasiemosi<em>, Penulisan Ekspresif</em></p> Chyntia Sukma Hardiantri, Retno Tri Hariastuti ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/63447 Mon, 29 Jul 2024 22:40:54 +0000 COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGATASI PERILAKU SELF INJURY PADA REMAJA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/63453 <p>Remaja yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan perubahan serta masalah yang muncul akan menimbulkan emosi dan pikiran negatif, kegagalan individu dalam merespon masalah dapat memicu perilaku negatif salah satunya <em>self injury</em>. Penelitian ini bertujuan memberi pandangan mengenai penggunaan metode <em>cognitive beha</em><em>rvior thera</em><em>rpy</em> untuk menurunkarn perilaku melukai diri pada remaja. Penulisan artikel menggunakan metode kajian literatur dengan sumber data yang digunakan sebanyak sepuluh artikel. Teknik anarlisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian yang dilakukan didapatkan bahwa&nbsp;<em>cognitive beha</em><em>rvior thera</em><em>rpy</em> dengan teknik restrukturisasi kognitif, manajemen diri, dan relaksasi otot dapat mengatasi perilaku <em>self injury</em> pada remaja.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>Cognitive Beha</em><em>rvior Thera</em><em>rpy</em><em>, Self Injury</em><em>, </em>Remaja</p> Amirah Mutiara Yasmin, Najlatun Naqiyah ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/63453 Mon, 29 Jul 2024 22:41:19 +0000