MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN METODE SOCRATES PADA STANDART KOMPETENSI MENGGAMBAR KONSTRUKSI ATAPDI SMK NEGERI 3 JOMBANG

  • EVANY IQRAMMAH

Abstract

Pendidikan Menengah Kejuruan adalah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa ke dunia kerja. Kurikulum 2013 menyatakan bahwa siswa harus mampu mengamati, menanya, mengobservasi, mengeksplorasi, dan mengkomunikasikan atau disebut 5M.
Model pembelajaran diartikan sebagai prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Belajar dapat juga diartikan suatu pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran telah banyak dikembangkan  berbagai macam  dari yang sederhana sampai model yang agak kompleks dan rumit karena memerlukan banyak alat bantu dalam penerapannya.
Metode pembelajaran tersebut diharapkan dapat melibatkan siswa terdorong untuk memahami materi yang diajarkan oleh guru dan proses belajar mengajar bisa diharapkan lebih menarik dan interaktif serta dapat digunakan sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Pembelajaran dengan metode Socrates menuntut pembelajar berpikir kritis dan hasil akhirnya juga bersikap kritis. Strategi ini juga menekankan dialog-dialog pemikiran sebagai usaha mengungkapkan sesutau objek pembahasan menuju pada hakikat terdalamnya
Penelitian ini adalah penelitian “Pre-Experimental Design” dengan jenis One Group Pre- test dan Post - test. Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar siswa dan peningkatan berpikir kritis siswa dengan model pembalajarn kooperatif menggunakan metode Socrates pada standar kompetensi menggambar konstruksi atap di SMK Negeri 3 Jombang dengan jumlah 30 siswa.
Hasil prosentase validasi perangkat pembalajaran 80% yang menurut skala likert perangkat pembelajaran baik dan layak digunakan. Pada uji-t menggunakan SPSS terbaca t hitung 13,310 dan Sig 2-tield 0,00. Karena t hitung 13,310 > Sig 2-tield 0,00 maka hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif menggunakan metode Socrates menunjukkan rata – rata hasil belajar siswa sebesar 76,67. Peningkatan berpikir kritis siswa meningkat sebesar 55,63% yang tergolong peningkatan yang sedang.

Kata Kunci: Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Kooperatif, Metode Socrates

Vocational Secondary Education Institutions is aimed at preparing students to world of work . Curriculum 2013 states that students must be able to observe , ask , observe , explore , and communicate or called 5M .
The learning model is defined as a systematic procedure for organizing learning experiences to achieve learning objectives . Learning can also mean an approach that is used in the learning activities . The learning model has been developed a wide range from the simple to the model rather complex and complicated because it requires a lot of tools in its application
The learning method is expected to involve the students are encouraged to understand the material being taught by the teacher and the learning process can be expected to be more attractive and interactive and can be used as one of the solutions to improve the quality of learning
Learning the Socratic method requires learners to think critically and the end result is also critical . This strategy also emphasizes dialogue sesutau thought as business objects reveal the nature of the discussion leading to the deepest
This research is a " Pre - Experimental Design " with the kind of One Group Pre- test and Post - test . The purpose of research to find out the results of student learning and increase students' critical thinking pembalajarn cooperative model using the Socratic method competency standard roof construction drawing in SMK Negeri 3 Jombang the number of 30 students .
The results of the validation percentage pembalajaran 80 % which, according to the Likert scale learning tool worth using . In the t-test using SPSS legible t 13.310 and Sig 2 - tield 0.00. Because of 13.310 t > Sig 2 - tield 0.00 , the results of student learning using cooperative learning model using the Socratic method showed average - average student learning outcomes at 76.67 . Increasing students' critical thinking increased by 55.63 % were classified as moderate increase.

Keywords : Critical Thinking , Cooperative Learning Model , the Socratic Method

Published
2015-01-29
Abstract Views: 156
PDF Downloads: 146