PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA PEMBELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS X TGB SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • M FANNI MARUFI ARIEF

Abstract

Mata pelajaran mekanika teknik merupakan mata pelajaran yang memerlukan pemahaman dan penjelasan yang lebih detail dan luas pada materinya.Untuk dapat meningkatkan pemahaman siswa dibutuhkan suatu perangkat yang berorientasi pada pemunculan masalah yang berhubungan  dengan  kehidupan  nyata (kontekstual). Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang dapat dikembangkan dengan pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendapatkan produk Lembar kerja siswa (LKS) mekanika teknik dengan pendekatan kontekstual yang layak/valid. (2) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan. (3) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan Lembar kerja siswa (LKS) yang dikembangkan.

Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4D dengan tahapan define, design, develop, dan disseminate. Namun pada penelitian ini, pengembangan LKS dilakukan hanya sampai tahap develop. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TGB 1 SMK Negeri 2 Surabaya. Instrumen yang gunakan adalah lembar validasi LKS, tes hasil belajar dan angket respon siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor kelayakan LKS bedasarkan telaah para ahli sebesar 4,11yang termasuk dalam kategori sangat layak sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran. (2) Dari skor hasil belajar didapatkan 9 siswa sangat baik pencapaianya dalam pembelajaran mekanika teknik pada materi momen kopel menggunakan LKS dengan pendekatan kontekstual, 18 siswa mendapatkan kriteria baik dan terdapat 4 siswa yang mendapatkan kriteria kurang  (3) respon positif siswa dapat dilihat bahwa sebanyak 74,2% siswa menyatakan senang mengikuti pembelajaran yang menggunakan LKS, 77,4% siswa menyatakan memahami setiap petunjuk yang terdapat di LKS, 77,4% siswa dapat memahami permasalahan pada LKS, 93,5% siswa dapat memahami materi momen dan kopel berdasarkan langkah-langkah kegiatan yang ada pada LKS, 64,5% siswa menyatakan bahwa tampilan (gambar, warna, dll) yang terdapat pada Lembar Kegiatan Siswa  menarik, 54,8% siswa menyatakan berminat untuk mengikuti kegiatan belajar dengan menggunakan LKS, 77,4% siswa menyatakan belajar dengan tugas kinerja seperti yang terdapat pada LKS sangat bermanfaat bagi mereka, 74,19% siswa menyatakan bahwa materi lain perlu menggunakan LKS, 67,7% siswa menyatakan bahwa soal yang ada pada bagian latihan sesuai dengan materi, 80,6% siswa menyatakan soal-soal di LKS telah sesuai dengan kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: LKS, Pendekatan Kontekstual, Mekanika Teknik, Momen dan Kopel

Engineering mechanics subjects are subjects that require understanding and a more detailed explanation and wide on the material. For can enhance students' understanding of a need for a device that is oriented to the appearance of the problems associated with real life (contextual). Student Worksheet is one of the lessons that can be developed with a contextual approach. The aim of this study were: (1) obtain the product Worksheets students engineering mechanics with proper contextual approach / valid. (2) determine student learning outcomes after using the Student Worksheet developed. (3) determine students 'response to students' learning using the worksheet developed

This is development research  reffering to 4D steps, that are define, design, develop, and disseminate. However, in this research, development is done until the develop only. The subjects of this research are students of sixth grade TGB 1 of SMK Negeri 2 Surabaya. The instrument used was a validation sheet of worksheet, achievement test and students responses sheet.

The result showed that: (1) review of the validation of worksheet based on the experts at 4,11 which is included in the category of very decent so it can be used for learning. (2) From the scores obtained 9 student learning outcomes excellent achievement in engineering mechanics teaching at the moment of coupling material using worksheets with contextual approach , 18 students get a good criteria and there are four students who earn less  (3) positive responses of students can be seen that as many as 74.2% of students stated enjoy participating in learning to use worksheets, 77.4% of students stated understand any instructions contained in LKS, 77.4% of the students can understand the problems of the LKS, 93, 5% of the students can understand the material moments and coupling based measures existing activities in LKS, 64.5% of students stated that the display (images, colors, etc.) contained in the Student Activity Sheet attractive, 54.8% of students expressed interest to follow the learning activities using worksheets, 77.4% of students stated learning with task performance as contained in the LKS is very beneficial for them, 74.19% of students stated that the other material need to use worksheets, 67.7% of students stated that the problems that exist in part of the exercise in accordance with the material, 80.6% of students stated the questions in LKS are in accordance with everyday life..

Keyword: Student’s worksheet, contextual approach, engineering mechanics,  Moment and coupling

Published
2015-04-13
Abstract Views: 350
PDF Downloads: 323