PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) PADA MATA PELAJARAN PELAKSANAAN KONSTRUKSI KAYU SISWA KELAS XII TKY DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • AHMAD MASUDI AL-HABBAH

Abstract

Model Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan salah satu cara yang dapat membantu guru untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berfikir siswa, karena pembelajaran ini memliki potensi mewujudkan proses belajar yang bernilai guna tinggi dimana siswa diajak untuk berkarya, sesuai dengan bidang teknik yang dipelajari. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah tentang kelayakan perangkat, keterlaksanaan pembelajaran, tingkat kerjasama dan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang kelayakan perangkat pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran, tingkat kerjasama siswa dalam menyelesaikan proyek, dan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran berbasis proyek

Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII TKY yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan angket. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menganalisa kelayakan perangkat pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran, tingkat kerjasama, hasil belajar, dan menguji hipotesis dengan uji-t pihak kiri.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan perangkat pembelajaran mendapat rata-rata rating sebesar 82,54 %, termasuk dalam kategori sangat layak digunakan. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis proyek mendapat rata-rata total sebesar 80,67 %, termasuk kedalam kategori baik. Tingkat kerjasama siswa memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 81,67 %, dengan thitung sebesar 12,826. Nilai ttabel sebesar 1,699, dengan derajat kebebasan sebesar 5 % (0,05), maka H0 diterima dan Ha ditolak. Sedangkan hasil belajar siswa memperoleh rata-rata total sebesar 82,07 %, dengan thitung sebesar 6,488. Nilai ttabel sebesar 1,699, dengan derajat kebebasan sebesar 5 % (0,05), maka H0 diterima dan Ha ditolak.

Kata Kunci: Pembelajaran  Berbasis  Proyek, kelayakan  perangkat pembelajaran, tingkat kerjasama siswa, dan hasil belajar siswa.

Model Project Based Learning is one of the way which can help the teachers to increase motivation and ability of the student’s think because this learning has potential to create learning process which is valuable where the student is invited to have a creation, based on the sector he studies. The problem statement of this research is about the proper of equipment’s set, learning implementation, level of cooperation and study result.  The purpose of the research is getting description about the proper of equipment’s set, learning implementation, level of student’s cooperation in finishing project and the result of study after the application model project based learning.

The method of the research is descriptive quantitative. The research subject is all the students on twelfth grade TKY which totally is 30 students. The technique of interpretation data in this research is using observation technique, test and questionnaire. In this research, instrument whit is used is validation sheet of equipment’s set, supervision sheet of learning implementation, supervision sheet of cooperation grade, and sheet of post test. Whereas, the technique of data analysis is done by analyzing the proper of equipment’s set, learning implementation, cooperation grade, study result which is clarified in presentation and examine hypothesis by test-t left side.

The result of the research shows that the proper of equipment's set gets the rating average 82,54 %, in category very proper to used. The learning implementation uses model project based learning gets total average 80,67 % in category good. The grade of student’s cooperation gets average 81,67 % with taccount 12,826 %. The value of ttable is 1,699 with free rank 5% (0,05). So Ho is accepted and Ha is rejected. Whereas the result of student’s study gets total average 82,07 % with taccount 6,488. The value of ttable is 1,699 with free rank 5 % (0,05). So Ho is accepted and Ha is rejected.

Key words: project based learning, proper of equipment’s learning, grade of student’s cooperation, result of student’s study.

Published
2015-05-29
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 667