PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X GB 3 PADA MATA PELAJARAN ILMU BANGUNANSMKN 2 SURABAYA

  • ONISIMUS MAHARDIKA GANDA PRASE

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa, kegiatan mengajar guru, dan kegiatan belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran SAVI. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan mengajar guru, kegiatan belajar siswa, serta lembar post test. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 58% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa ini didukung oleh peningkatan kegiatan mengajar guru yang memperoleh skor rata-rata 1,67 pada siklus I meningkat menjadi 3,17 pada siklus II, serta pada kegiatan belajar siswa yang memperoleh skor rata-rata 1,75 pada siklus I meningkat menjadi 3,03 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini guru hendaknya menerapkan model pembelajaran SAVI pada mata pelajaran Ilmu Bangunan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: SAVI, Hasil belajar, Ilmu Bangunan.


The purpose of this study was to describe the learning outcome of students, teachers teaching and learning activities of students after the implementation of the learning model SAVI. The method used is a Class Action Research conducted in two cycles. The research instrument used is the observation sheet teachers teaching, student learning activities, as well as post-test sheet. The results showed that by applying the SAVI learning model can improve student learning outcomes by 58% in the first cycle to 90% in the second cycle. Improving student learning outcomes is supported by the increase in teaching teachers who obtained an average score of 1.67 in the first cycle increased to 3.17 in the second cycle, as well as the learning activities of students who received an average score of 1.75 in the first cycle increased be 3.03 in the second cycle. Based on the results of this study teachers should implement learning model SAVI on Building Science subjects to improve student learning outcomes.
Keywords: SAVI, learning outcomes, Science Building.

Published
2015-06-03
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 29