Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode The Learning Cell dengan Pendekatan Scientific pada Mata Pelajaran Surveying terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Geomatika SMK Negeri 2 Bojonegoro

  • LUTHFI DWIJAYANTI A

Abstract

Surveying merupakan pelajaran yang mendasarkan pada materi pengetahuan hafalan dan hitungan. Siwa Geomatika secara umum harus memahami keseluruhan materi yang diberikan di kelas sebagai acuan pelaksanaan praktik di lapangan. Materi dasar dari pengukuran posisi horizontal adalah materi pembelajaran azimuth.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran kooperatif metode the learning cell dipadukan dengan pendekatan scientific sesuai dengan kurikulum 2013. Model pembelajaran yang dipakai ketika pelaksanaan pembelajaran dirancang dengan baik demi keberhasilan tujuan belajar. Penerapan model ini dilengkapi dengan analisa data hasil belajar pada dua pertemuan serta tanggapan berupa respons siswa terhadap model yang dipakai.

Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada kelas XI Geomatika-2 SMK Negeri 2 Bojonegoro pada mata pelajaran surveying berjalan sesuai dengan perencanaan. Aktivitas siswa dan guru masing-masing 72,73% dan 78,95%. Hasil perhitungan thitung pada pertemuan pertama dan kedua berturut-turut adalah 11,03 dan 3,19, hasil perhitungan menunjukkan thitung>ttabel, ttabel=1,696. Sedangkan nilai rata-rata kelas pada pertemuan pertama dan kedua berturut-turut adalah 94,66 dan 85,03. Model pembelajaran kooperatif metode the learning cell dengan pendekatan scientific mendapatkan respon baik (73%) dari siswa.

Kata Kunci: the learning cell, pendekatan scientific, surveying, Hasil Belajar.

Surveying is a lesson that based on memorizing knowledge and calculate knowledge. Geomatics students generally must understand the overall matter provided in the class as a reference the implementation in practice. The matter basic of measurements of the horizontal position is the azimuth learning.

This research aims to investigate the implementation of cooperative learning model of the learning cell method combined with a scientific approach in accordance with the 2013 curriculum. Learning model that is used when the implementation of learning designed for the success of learning goals. Application of this model is equipped with a data analysis of learning outcomes in the two meetings and the response form students responses to the model is used.

The results of research obtained show that the implementation of learning in class XI Geomatic-2 SMK Negeri 2 Bojonegoro on subjects surveying walked on accordance with the plan. Students and Teacher activity show 72,73 and 78,95. The results of calculations tcount at the first meeting and the second row are 11,03 and 3,19, the calculation results show tcount> ttable, ttable = 1,696. While the average value of the class at the first meeting and the second row are 94,66 and 85,03. Cooperative learning model method of the cell learning with a scientific approach to getting a good responses (73%) from the students.

Keywords: the learning cell, scientific approach, surveying, Learning Outcomes.

Published
2015-06-04
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 19