PENERAPAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN KONSTRUKSI KAYU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT KURSI DI SMK NEGERI 1 JENANGAN PONOROGO

  • NURKAMTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran video pada kompetensi dasar menerapkan konsep sambungan dan hubungan kayu pada jenis konstruksi dan ukurannya dan respon siswa terhadap penggunaan media video. Media video diharapkan dapat menjadi media pembelajaran yang efektif membantu siswa dalam praktik membuat kursi makan.

Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau  Research and Development (R&D). Media video dikembangkan dengan bantuan software windows movie maker dan camtasia studio 7.0. Subyek penelitian adalah kelas XI program keahlian konstruksi kayu SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo dengan jumlah 33 siswa. Data dikumpulkan melalui validasi, observasi dan angket pada tanggal 2 maret – 7 maret 2015. Rata-rata nilai prosentase ahli media, ahli materi dan mahasiswa sebesar 81,24% menunjukkan bahwa media video memenuhi kriteria kelayakan.

Hasil praktik siswa dengan menggunakan media video memperoleh rata-rata kelas sebesar 88,81 diatas KKM klasikal sebesar ≥70. Jumlah siswa yang tidak memenuhi KKM individu yaitu lima siswa atau 15,15% dari jumlah 33 siswa. Hasil pembelajaran dengan menggunakan media video terdapat nilai terendah 73,44 dan nilai tertinggi 94,28. Penelitian dengan media video mampu meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari nilai praktik tahun ajaran 2013/2014 yaitu dengan rata-rata kelas sebesar 79,9 dengan jumlah siswa yang tidak memenuhi KKM individu yaitu delapan siswa atau 26,67 % dari jumlah 30. Hasil validasi media video berdasarkan respon siswa memperoleh rata-rata kelayakan sebesar 84,70%. Artinya media video memenuhi criteria kelayakan dan dapat digunakan sebagai pendamping guru dalam kegiatan belajar mengajar.

Kata Kunci:   Research and Development (R&D), media video, penilaian proses dan produk

This study aims to determine the application of video instructional media on the basis of applying the concept of joint competence and wooden ties on the type of construction and the size and students' response to the use of video media. Video media is expected to become effective learning media to help students in the practice of making chairs.

Research is research development or Research and Development (R & D). Media video was developed with the help of software windows movie maker and Camtasia Studio 7.0. Subjects were class XI timber construction skills program SMK Negeri 1 Ponorogo Jenangan the number of 33 students. Data were collected through validation, observation and questionnaires on the 2nd of March - 7 March 2015. The average value of the percentage of media experts , materials specialists and students of 81.24 % indicates that the video media meet the eligibility criteria .

Results of student practices using video media to obtain an average grade of 88.81 over classical KKM amounted to ≥70. The number of students who do not meet the individual KKM that five students or 15.15 % of the total number of 33 students. The results of learning by using video media are the lowest value 73.44 and the highest value 94.28. Research with video media capable of improving student learning outcomes seen from the practice of the school year 2013/2014, namely with an average grade of 79.9 by the number of students who do not meet the individual KKM that eight students, or 26.67 % of the total of 30. The results of the validation video media based on student responses on average earn eligibility of 84.70 %. This means that video media meet the eligibility criteria and can be used as a companion to teachers in teaching and learning activities.

Keywords: Research and Development ( R & D ), video media, assessment processes and products

Published
2015-06-05
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 27