PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN ILMU BANGUNAN GEDUNG DI KELAS X TGB SMKN 1 KEDIRI

  • ANDRY WAHYUNI P.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan sangat cepat, salah satu diantaranya adalah jaringan internet. Bidang yang mendapatkan dampak yang cukup berarti dengan perkembangan teknologi  ini  salah satunya adalah  bidang  pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah (a) Mengukur kelayakan media pembelajaran e-learning berbasis moodle; (b) Mengukur proses pelaksanaan pengajaran; (c) Mengukur peningkatan hasil belajar siswa; (d) Mengukur respon siswa peserta didik.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan ( Research and development ), tujuan Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk, dan menguji keefektifan produk tersebut pada suatu sampel. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) Melakukan pengumpulan informasi; (2) Melakukan perancangan penelitian; (3) Desain e-learning Berbasis moodle; (4) Validasi e-learning Berbasis moodle; (5) Revisi media yang dihasilkan; (6) Uji Coba media. Instrumen yang dihasilkan yaitu  Silabus, RPP, Soal tes, Angket respon siswa dan Lembar keterlaksanaan pembelajaran.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan kuisioner respon siswa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa kelas X TGB SMKN 1 Kediri.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa (a) Hasil validasi moodle adalah 4.07 yang berada dalam kategori Valid/Baik sehingga dapat digunakan sebagai media pendamping guru dalam proses pengajaran; (b) Hasil keseluruhan keterlaksanaan pembelajaran dengan rata-rata nilai dari hari pertama dan kedua mendapatkan nilai sebesar 4.11 yang termasuk dalam kategori Sangat Sesuai. (c) Rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah 83,1 yang berarti hasil belajar siswa kelas X TGB SMK Negeri 1 Kediri setelah penggunaan media e-learning berbasis moodle adalah lebih besar dari KKM 75 dapat diterima; (d) siswa tertarik dan dapat menerima terhadap pembelajaran menggunakan e-learning berbasis moodle dengan prosentase hasil respon sebesar 73.99%

Kata Kunci: E-learning berbasis moodle, Keterlaksanaan Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa, Respon Siswa.

Nowadays, the growth of the information technology, eventually, grows very fast. One of them is internet connection. One of aspect that gives significant contribution through technology growth is education aspect. The purpose of this research are (a) Measuring the learning media of e-learning through moodle basis; (b) Measuring the teaching process; (c) Measuring the raising of the students’ study; (d) Measuring the students’ responses.

This research belongs to research and development. The purpose of research and development is research method that used to produce a product and measuring the effectiveness of the product to the sample. The steps that used in this research are: (1) Collecting the information; (2) Constructing the research; (3) Designing the early product; (4) Product validation; (5) Revising the release product; (6) Product experiment. The research instruments are: syllabus, lesson plan, test question, questionnaire of students’ responses, and learning implementation sheet. Data collection technique that used in this research are written test and questionnaire of students’ responses. Subject of this research are 31 students of ten graders of TGB at SMKN 1 Kediri. 

The result of this research shows that: (a) The result of moodle validation is 4,07 at the category of Valid/Good, so, it can used by the teachers in the teaching process in learning media; (b) The result of learning implementation is 4,04 at the first day belongs to Very Appropriate and 4,17 at the second day belongs to Very Appropriate. The calculation of mark average altogether from the first until the second day of the research get 4,11 belongs to the category of Very Appropriate; (c) Mark average of the students’ result of study is 83,1 which mean the result of students’ study of ten graders of TGB SMKN 1 Kediri after the media usage of e-Learning through moodle basis is bigger then 75 of minimum score in their school; (d) The students are interest and receive the learning in their class by using e-Learning through moodle basis with the percentage of response result is 73,99%.

Keywords: E-Learning through moodle basis, learning implementation, mark average of the student, students responses.

Published
2015-06-19
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 31