PENGARUH PELAKSANAAN MPK TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN MEDIA MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN STATIKA TEORI SEIMBANGAN KELAS X SMK NEGERI 1 TUBAN

  • TUESDAY TRI WARDANI

Abstract

Teknik Gambar Bangunan (TGB) adalah salah satu kompetensi keahlian di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). TGB bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang ahli dalam perencanaan gambar bangunan. Salah satu mata pelajaran yang menjadi dasar dalam TGB adalah Statika. Berdasarkan hasil pra survey di SMK Negeri 1 Tuban didapatkan bahwa pada mata pelajaran Statika siswa masih merasa kesulitan, dengan nilai KKM yang terpenuhi hanya 45% dari jumlah siswa. Rendahnya nilai tersebut dikarenakan kurangnya motivasi siswa dan keaktifan siswa dalam pelajaran, serta cara mengajar guru yang masih konvensional. Salah satu model pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa adalah model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media modul pada mata pelajaran statika.

Penelitian ini merupakan Penelitian Exsperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa X TGB yang berjumlah 69 siswa, sedangkan sempelnya kelas  X TGB 1 yang berjumlah 37 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, dan tes hasil belajar siswa. Analisis data  menggunakan teknik analisis penilaian validator, analisis deskriptif kuantitatif, dan uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak kanan.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) kelayakan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, modul, dan soal post test dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media modul berdasarkan validasi ahli dinyatakan sangat baik dan layak digunakan untuk pembelajaran. (2) keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media modul berdasarkan hasil observasi kegiatan guru dan siswa dinyatakan dalam kriteria baik.  (3) hasil belajar siswa kelas X TGB 1 SMK Negeri 1 Tuban pada mata pelajaran statika mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang lulus KKM, dan hasil analisis uji hipotesis.

Kata Kunci : Statika, Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together (NHT)

Architecture Engineering (TGB) is one of the competency skills in vocational schools (SMK). TGB aims to produce graduates who are experts in the planning of the building image. One of the subjects on which to base the TGB is statics. Based on the results of pre-survey at State Vocational school 1 Tuban found that in subjects Statics students still find it difficult, with the KKM is fulfilled only 45% of the number of students. The low value is due to the lack of student motivation and student activity in the lesson, as well as how to teach teachers are still conventional. One of the learning model is expected to enhance the activity and student motivation is Cooperative Learning models of type Numbered Head Together (NHT). The purpose of this study was to determine the feasibility study, feasibility study, and the results of student learning using cooperative learning model of type Numbered Head Together (NHT) with media modules on subjects statics.

This study is a research experiment. The study population was all students X TGB totaling 69 students, while sempelnya class X TGB 1, amounting to 37 students. Collecting data using validation methods, observation, and testing student learning outcomes. Data analysis using analytical techniques validator assessment, quantitative descriptive analysis, and hypothesis testing using t test one right side..

The results of this study are as follows. (1) the feasibility of learning tools such as syllabi, lesson plans, modules, and about post-test with cooperative learning model Numbered Head Together (NHT) with media modules based validation experts expressed very well and fit for use for learning. (2) adherence to cooperative learning model Numbered Head Together (NHT) with media module is based on the observation of the teacher and student activity is expressed in both criteria. (3) the results of class X TGB 1 student of State Vocational school 1 Tuban on the subjects of statics increased as indicated by the increasing number of students who pass the KKM, and the results of the analysis of hypothesis testing.

Keywords: Statics, Cooperative Learning, Numbered Head Together (NHT)

Published
2015-06-23
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 35