PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR BEKISTING PADA KOMPETENSI DASAR MELAKSANAKAN PEKERJAAN ACUAN/BEKISTING

  • SANDY MAHARDIKA

Abstract

Media pembelajaran pada proses belajar mengajar tidak  hanya sekedar alat bantu untuk guru saja, melainkan sebagai pemberi informasi atau pesan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Menurut Fauzia (2013:10) tujuan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar untuk membangkitkan minat, motivasi, dan bahkan membawah pengaruh–pengaruh psikologi terhadap siswa. Hasil penelitian menurut Guspari, (2008:18) tentang penerapan media pembelajaran miniatur menggunakan metode pembelajaran aktif dan mandiri dapat meningkatan kuantitas dan kualitas belajar, baik terhadap instrukturnya maupun mahasiswa.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Desain  yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design, karena masih terdapat variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel dependen (Sugiyono, 2011:74) Subjek dalam penelitian ini sejumlah 37 siswa di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung dan perangkat yang digunakan meliputi silabus, RPP, materi, dan media pembelajaran yang berupa miniatur bekisting.

Penelitian menggunakan media miniatur pada kompetensi dasar pelaksanaan pekerjaan acuan/bekisting didapatkan dua hasil. (1) Kelayakan media dan (2) Hasil belajar. (1)Hasil Kelayakan media terbagi menjadi 4 penilaian (a) Materi mendapatkan 80,56%, (b)Ilustrasi mendapat 95,83%, (c) Kualitas dan tampilan media mendapat 83,33%, dan (d) Daya tarik 91,67%. Hasil keseluruhan penilaian kelayakan media mendapat 87,85%. berada pada interval 81%-100%. Artinya, hasil penilaian validator media berada pada kategori sangat layak dan dapat digunakan sebagai perangkat pembelajaran. (2) Hasil Belajar sendiri terbagi menjadi dua penilaian yaitu (a) Penilaian Teori mendapat nilai rata-rata kelas 77 , (2) Hasil penilaian praktek mendapatkan nilai rata-rata kelas 81. Jadi hasil keseluruhan penilaian pada kompetensi dasar pelaksanaan pekerjaan acuan/bekisting diatas nilai KKM sebesar 70. Maka media tersebut dapat dipergunakan sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi ajar di kelas.

.Kata Kunci: Hasil Belajar, Miniatur, Bekisting.

 

Instructional media in teaching and learning process is not just a tool for teachers alone, but as a conduit of information or messages that fit the learning needs of students. According Fauzia (2013: 10) the purpose of teaching media in teaching and learning to generate interest, motivation, and even bring a psychological influences on studentsGuspari according to research results, (2008: 18) on the application of miniaturized learning media using active learning methods and can independently increase the quantity and quality of learning, both the instructor and student.

This type of research is experimental research. , Design used is Pre-Experimental Design, because there are external variables that take effect on the formation of the dependent variable (Sugiyono, 2011: 74). Subjects in this study a number of thirty-eight students in SMK 3 Boyolangu Tulungagung and devices used include syllabi, lesson plans, materials, and learning media in the form of miniature formwork.

The research uses a miniature media on the basis of competence reference work execution / formwork obtained two results. (1) Eligibility media and (2) Results of learning. (1) The results of the Feasibility media is divided into four assessment (a) material gain 80.56%, (b) Illustration gets 95.83%, (c) The quality and appearance of the media got 83.33%, and (d) The appeal 91 , 67%. The overall result appraisal media got 87.85%. is in the interval 81% -100%. That is, the assessment result is in the category of media validator very feasible and can be used as a learning tool. (2) Results Learning itself is divided into two ratings, namely (a) assessment theory gets an average rating class 77, (2) Results of assessment practices to get the average value 81. So the overall results of the competency assessment on the basis of the implementation of the reference work / formwork above the KKM amounted to 70. So the media can be used as a tool for teachers in presenting the teaching materials in the classroom.

Keywords: Learning Outcomes, Miniature. Formwork.

Published
2015-06-30
Abstract Views: 156
PDF Downloads: 153