PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL LEARNING CYCLE  PADA KOMPETENSI DASAR MENYIMPULKAN PENGGUNAAN MACAM PONDASI BERDASARKAN SPESIFIKASI TEKNIS DAN KEBUTUHAN DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • RISKI IRAWAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Cycle. Sasaran penelitian yaitu kelas X TGB di SMK Negeri 1 Sidoarjo tahun ajaran 2014/2015.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui, angket respon siswa, dan hasil belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang dinyatakan dalam persentase. Perlakuan pertama yaitu menunjukkan proses pembelajaran sebelum dilakukan pembelajaran kemudian memberikan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle, dan terakhir diadakan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa.

Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan buku ajar siswa. Hasil validasi yang dilakukan oleh pakar menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang di gunakan dinyatakan valid. Dari hasil angket respon siswa menunjukkan pembelajaran model pembelajaran Learning Cycle mempunyai hasil rating sebesar 88,65% dikategorikan sangat layak sedangkan dari hasil belajar siswa menunjukkan bahwa sebagian besar nilai siswa dapat dicapai dengan baik. Diketahui bahwa t-test sebesar ttestsebesar 8,161 dan ttabel sebesar 2,00. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model pembelajaran Learning Cycle hasil belajar yang lebih baik daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Kata kunci: Model Pembelajaran Learning Cycle, Hasil Belajar Siswa, Hasil belajar siswa.

Abstract 

This research aim to know expansion of study the development of learning tools using a learning cycle model’s. Research target that is class X TGB in SMK Negeri 1 Sidoarjo school year 2014/2015. Research planning applied is " Pretest Posttest Control Group Design".

Data collecting method in this research obtained through, student response equated, and result of student learning analyzed descriptively is quantitative which expressed in percentage. First treatment that is showing study process before done study then gives study process by using study of the development of learning tools using a learning cycle model’s, and last is performed post-test to know result of student learning.

As for study peripheral which in developed is syllabus, execution plan of study, and student teaching book. Validation result done by expert indicates that study peripheral which in using expressed valid. From result of student response equated shows study of the development of learning tools using a learning cycle model’sstrategy has result of rating equal to 88,65% categorized to be competent while from result of student learning indicates that most of reachable student value carefully. Known that t-test equal to ttest 8,5161and ttabels 2,00. Based on result of research, hence inferential that study of the development of learning tools using a learning cycle model’shas learning result that is better than class using conventional study model.

Keywords: Learning model’s “learning cycle”, student learning outcomes

Published
2015-07-29
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 47