PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATA DIKLAT RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • MOKHAMAD BUSIRI

Abstract

Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Adobe Flash CS6 pada mata diklat Rencana Anggaran Biaya (RAB) bertujuan sebagai sarana penyampai materi kepada siswa dan dapat membantu mempermudah pemahaman terhadap materi yang disampaikan. Media pembelajaran yang bersifat interaktif memiliki nilai lebih karena melibatkan siswa secara langsung dalam menggali informasi dari media pembelajaran yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran, kelayakan media pembelajaran, respon siswa, hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash CS6, dan keterlaksanaan pembelajaran.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Surabaya kelas XI TGB 1 dengan jumlah 31 siswa pada waktu semester genap tahun ajaran 2014-2015. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik angket, teknik tes, dan teknik pengamatan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis penilaian validator, analisis tes siswa, analisis respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif, dan analisis keterlaksanaan pembelajaran.

Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash CS6 terdiri dari hasil kelayakan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, dan butir soal dinyatakan sangat baik dan layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar dengan presentase 90,13%. Hasil analisis kelayakan media pembelajaran interaktif dengan presentase 87,38% dapat dikategorikan sangat baik dan layak untuk digunakan, sedangkan respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif ini dinyatakan sangat setuju untuk menggunakan media pembelajaran interaktif  dengan hasil rating 84,89%. Hal ini diperkuat dengan perhitungan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran interaktif dengan diperoleh nilai t hitung adalah 3.449 sedangkan nilai t tabel adalah 2.042, dari hasil tersebut didapat bahwa t hitung > t tabel.

Kata Kunci : Pengembangan media interaktif, Adobe Flash CS6.

Development interactive learning media using Adobe Flash CS6 on subject of Budget Plan intends as mean to deliver the matery to the students and to help facilitate the understanding of the matery presented. Interactive learning media has more value because it involve students directly in getting information of instructional media is concerned. Intends as mean to determine the feasibility of learning tools, the feasibility of instructional media, student response, student learning outcomes with the use of interactive learning media using Adobe Flash CS6, and feasibility study.

This research is the development or Research and Development (R&D). Implementation of this research was conducted in SMK State 2 Surabaya grade XI TGB 1 with the number of students 31 during the second semester of the academic year 2014-2015. Data collection techniques in this study was done by using a questionnaire, engineering test, and observation techniques. Analysis data technique using analysis techniques validation assessment, analysis of student test, analysis of student attention to media interactive learning, and learning feasibility analysis.

Results of research and development of interactive learning media using Adobe Flash CS6 consists of the result of a feasibility study in the form of silabus, RPP, and some exercise of the result great and suitable for using in teaching and learning process with a percentage of 90,13%. Results of feasibility analysis of media interactive learning with a percentage of 87,38% can be categorized as very good and deserves to be used, while the students response to interactive learning media is state strongly agree to use interactive learning media with 84,89% rating result. This is reinforced by the results-calculation of student learning using interactive learning media with t test value obtained is 3,449 while the t table value is 2,042, of the results obtained that t test > t table.

Keywords: Development of interactive media, Adobe Flash CS6

Published
2015-07-30
Abstract Views: 272
PDF Downloads: 223