PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TYPE EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMK N SURABAYA

  • SUAIDATUL ISLAMI

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Surabaya, dengan tujuan untuk; (1) Untuk mengetahui peningkatan kegiatan belajar siswa di kelas dengan menerapkan model pembelajaran aktif Type Everyone Is A Teacher Here pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X TGB 3 SMK Negeri 2 Surabaya. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model aktif Type Everyone Is A Teacher Here pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X TGB 3 SMK Negeri 2 Surabaya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan siklus persiklus dengan beberapa tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data-data pada penelitian ini adalah kegiatan belajar siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan 2 observer untuk memperoleh data. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TGB 3 SMK 2 Surabaya sebanyak 36 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan belajar siswa pada siklus 1 dari 1,33 (Tidak Baik) ke siklus 2 naik 2,39 (Kurang Baik) dan pada siklus 3 naik 3,33 (Baik). Sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus 1 dari 41,67% belum tuntas, ke siklus 2 naik 47,22% kurang tuntas dan pada siklus 3 naik 83,33% siawa tuntas.

Kata kunci : pembelajaran aktif, everyone is a teacher here.

This study was conducted in SMK Negeri 2 Surabaya, with the aim to; (1) To determine the improvement of student learning activities in the classroom by applying active learning model Type Everyone Here Is A Teacher in classroom subjects Engineering Drawing TGB X 3 SMK Negeri 2 Surabaya. (2) To determine the improvement of student learning outcomes by implementing an active model of Type Everyone Here Is A Teacher in classroom subjects Engineering Drawing TGB X 3 SMK Negeri 2 Surabaya.

This research is a classroom action research (PTK), which carried persiklus cycle with several phases: planning, implementation, observation and reflection. The data in this study is the learning activities of students and student learning outcomes. This study uses two observers to obtain the data. Subjects in this study were students of class X TGB 3 SMK 2 Surabaya as many as 36 students.

The results showed that the learning activities of students in cycle 1 of 1.33 (No Good) to cycle 2 up 2.39 (Not Good) and the third cycle ride 3.33 (Good). While the learning outcomes of students has increased in cycle 1 of 41.67% has not been completed, to cycle 2 rose 47.22% less completed and the cycle 3 rose 83.33% siawa completed.

Keyword : Active learning, Everyone Is A Teacher Here

Published
2015-07-30
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 61