PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PROGRAM ADOBE FLASH PADA STANDAR KOMPETENSI MENGIDENTIFIKASI ILMU BANGUNAN GEDUNG BAGI SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB) SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • FITRIA ANJANI DYAH ADIAGHARINI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil validasi media pembelajaran, (2) mengetahui hasil belajar siswa terhadap media pembelajaran yang dihasilkan, dan (3) menghasilkan media pembelajaran pada standar kompetensi mengidentifikasi ilmu bangunan gedung. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan tujuh tahapan, yaitu: (1) analisa masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain media, (4) validasi desain media, (5) revisi desain media, (6) uji coba media, dan (7) analisa dan pelaporan.

Media pembelajaran yang dihasilkan pada penelitian ini adalah media pembelajaran menggunakan adobe flash CS6 pada standar kompetensi mengidentifikasi ilmu bangunan gedung difokuskan pada materi menentukan jenis pondasi yang tepat untuk bangunan sesuai dengan jenis tanahnya. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) di SMK Negeri 3 Surabaya.

Hasil validasi media yang dilakukan oleh dua validator menunjukan penilaian sebesar 73%, artinya media pembelajaran layak digunakan guru dalam penyampaian materi. Hasil uji coba berupa hasil belajar siswa diperoleh sebanyak 29 siswa dari 34 siswa dinyatakan tuntas mengikuti kegiatan belajar mengajar menggunakan media pembelajaran didukung dengan prosentase sebanyak 85% dan sebanyak 5 siswa dengan dinyatakan tidak tuntas mengikuti kegiatan belajar mengajar didukung dengan prosentase  sebanyak 15%.

Kata kunci : Pengembangan Media pembelajaran, Adobe flash CS6, R&D

The aim of this research is (1) to know of produced validation study media, (2) to know the result student study of produced learning media, and (3) to know of produced learning media for vocational basic competence identify the scince building.  This research used Research and Development (R & D) with seven stages, namely: (1) potential and problem, (2) information collecting, (3) design media, (4) validated design, (5) product revision, (6) implementasion of product, and (7) analysis and dissemination.

This research produced learning media used adobe flash media CS6 on basic competence identify the science buliding focus on determine the right type of foundation for the building in accordance with the type of soil. The subject of this research are year  X Teknik Gambar Bangunan (TGB)  students at SMK Negeri 3 Surabaya.

The result of media validation conducted by two validators show that presentage is 73%, it means learning media was good to be used by teacher for teaching learning material. The result of students learning show that 29 students from 34 students with procentage 85% completed to following learning media, and 5 students from 34 students with procentage 15%  not completed to following learning media.

Keywords: Learning Media Development, Adobe Flash CS6, R & D

Published
2015-07-30
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 25