PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE  PEER LESSONS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • AZMAN MANSUR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran aktif dengan metode peer lessons dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah pada mata diklat mekanika teknik siswa kelas X.

Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan menggunakan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TGB SMK Negeri 7 Surabaya. Sampel sebanyak 2 kelas dengan kelas X TGB 1 sebagai kelas eksperimen dan X TGB 2 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata hasil belajar 2 kelas yaitu, kelas TGB 1 sebesar 82,03 dan kelas TGB 2 sebesar 74,84. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan pembelajaran aktif dengan metode peer lessons dengan metode ceramah. Dari hasil uji beda menunjukkan bahwa, nilai ttest > ttabel. Yaitu thitung = 4,92 > ttabel = 1,67 pada taraf signifikan α < 0,05.

Kata kunci: metode peer lessons, metode ceramah, hasil belajar.

This study aims to determine the differences in learning outcomes of students who use active learning lessons peer method with the results of student learning using the eye training lecture on engineering mechanics class X.

The research design is quasi-experimental design using the form nonequivalent control group. The population in this study were students of class X TGB SMK Negeri 7 Surabaya. A sample of 2 class with class X TGB 1 as an experimental class and X TGB 2 as the control class. While the results of their study to determine differences in data analysis techniques used t-test.

The results showed that: (1) The average result of learning two classes, namely, class TGB 1 at 82.03 and  class TGB 2 at 74.84. (2) There is a significant difference in learning outcomes between students who use active learning lessons peer method with the lecture method. From the different test results showed that, the value ttest > ttable. Namely ttest = 4.92 > ttable = 1.67 at significance level α <0.05.

Key words: peer lessons method, instructional method, learning outcomes

Published
2015-07-30
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 59