PENGARUH MATA PELAJARAN PRASYARAT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DI SMK

  • AGUNG PAMBUDI SN

Abstract

Mata pelajaran  Menggambar Teknik adalah  mata pelajaran yang wajib dikusai oleh semua siswa jurusan TGB. Saat ini kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥ 70 akan ditingkatkan menjadi ≥ 80. Apabila KKM ≥ 80 ada,  lebih dari 60 % siswa yang tidak tuntas pada mata pelajaran Menggambar Teknik. Tujuan penelitian ini untuk ,mencari pengaruh mata pelajaran prasyarat terhadap mata pelajaran menggambar teknik.

Pengambilan hasil belajar dilakukan dengan cara mengambil data hasil belajar 30 siswa kelas XI TGB sebagai sampel. Pengumpulan data yang digunakan adalah telaah dokumen data sekunder. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat adalah korelasi dan regresi yang dianalisis SPSS Windows 18.

Secara sendiri-sendiri, Hubungan antara mata pelajaran Mengidentifikasi Ilmu Bangunan Gedung  dan  Menggambar Teknik adalah 0,687 (tinggi) memberikan kontribusi 45,3% terhadap mata pelajaran Menggambar Teknik. Secara bersama-sama gabungan mata pelajaran  Menggambar Dengan Perangkat Lunak dan  Mengidentifikasi Ilmu Bangunan Gedung memberikan kontribusi besar 47,6 % terhadap mata pelajaran  Menggambar Teknik. Mata pelajaran Menggambar dasar-dasar Teknik dan Mengidentifikasi Ilmu Bangunan Gedung memberikan kontribusi yang juga besar  47,7% terhadap mata pelajaran Menggambar Teknik. Secara bersama-sama mata pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak, Menggambar Dasar-Dasar Teknik dan Mengidentifikasi Ilmu Bangunan memberikan kontribusi yang besar yaitu  47,2 % terhadap mata pelajaran Menggambar Teknik.

Kata Kunci :Pengaruh Mata Pelajaran Prasyarat  SMK

Technical Drawing subjects are compulsory subjects for all students majoring TGB. Currently the minimum completeness criteria (KKM) will be increased from ≥ 70 ≥ to be ≥ 80. more than 60% of students who did not complete on the subjects of Drawing Techniques. Purpose of this study for, look for the influence of prerequisite subjects against subjects drawing techniques.

Data collection was performed by taking data from 30 students studying in class XI TGB as samples. The collection of data used are secondary data document review. Analysis of the data used to determine the effect of independent variables on the dependent variable is the correlation and regression were analyzed using SPSS Windows 18.

Individually, relations between subjects Identifying Building Science and Engineering Drawing is 0.687 (high) contributed 45.3% of the subjects Drawing Techniques. Taken together the combined subjects Draw With Software and Identify Sciences Building provides a major contribution to the 47.6% of subjects Drawing Techniques. Drawing subjects basics of Engineering and Science Building Identifying contributing 47.7% which is also great for subjects Drawing Techniques. Taken together subjects Draw With Software, Drawing Basics of Engineering and Building Science Identify a major contribution is 47.2% of the subjects Drawing Techniques..

Keywords: Effect of Vocational Subjects Prerequisites

Published
2015-07-31
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 33