FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DI SMK

  • DWI PURNOMO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menggambar Teknik di SMKN 7 Surabaya dengan cara mengaplikasikan instrumen PPsP yang telah diadaptasi.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian ex post facto, yaitu dengan menilai hasil menggambar siswa pada materi pondasi, detail pondasi, kolom ,balok, pelat, dan atap. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa dari kelas XI TGB di SMK Negeri 7 Surabaya. Penelitian dilakukan bertahap, dimulai dari pengumpulan data sekunder, adaptasi lembar penilaian Standar Penilaian Soal Praktik (SPsP), dan penilaian hasil produk siswa pada tugas menggambar pondasi, detail pondasi, kolom, balok, pelat, dan atap. Standar nilai kelulusan sesuai Bimtek dengan KKM ≥ 70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata nilai gambar pondasi, detail pondasi, kolom, dan atap adalah 74.2, 74.1, 71.9, dan 70.8 ≥ KKM. Rata-rata nilai balok, pelat adalah 59, dan 54.7 < KKM. Sebagian besar siswa dinyatakan memahami dalam menggambar skala, garis dan kontruksi dengan persentase 98%, 100%, dan 94%. Siswa kurang memahami gambar ukuran, notasi, keterangan, denah, dan detail dengan persentase 92%, 92%, 59%, 77%, dan 73%.

Keywords: Faktor-Faktor, Hasil Belajar, Menggambar Teknik

This study aims to determine the factors that influence student learning outcomes in subjects Drawing Techniques in SMKN 7 Surabaya by applying PPSP instruments that have been adapted.

The method used is ex post facto research, by assessing the results of student drawing on material foundation, detail foundation, column, beam, plate, and roof. The sample in this study were 30 students of class XI TGB at SMK Negeri 7 Surabaya. Research carried out gradually, starting from secondary datas collection, assessment sheets adaptation Standar Penilaian Soal Praktik (SPsP), and the assessment results of students' work on the foundation drawing task, detail foundation, column, beam, plate, and roof. Bimtek standard passing grade in accordance with KKM ≥ 70.

The results showed that the average value of foundation drawing, detail foundation, column, and roof are 74.2, 74.1, 71.9, and 70.8 ≥ KKM. The average value of the beam, the plate is 59, and 54.7 <KKM. Most students are expressed understanding in drawing scale, and construction lines with a percentage of 98%, 100%, and 94%. Students do not understand the image size, notation, description, floor plans, and details of the percentage of 92%, 92%, 59%, 77%, and 73%.

Keywords: Factors, Learning Outcomes, Drawing Techniques.

Published
2015-07-31
Abstract Views: 140
PDF Downloads: 926