PENGARUH PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI KONSTRUKSI BETON BERTULANG KELAS XI DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • DENY TRIO NUGROHO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh  proses  pembelajaran  menggunakan metode strategi Active Knowledge Sharing (AKS) terhadap hasil  belajar  siswa. Pembelajaran menggunakan metode AKS merupakan salah satu alternatif untuk mencapai hasil belajar siswa yang kurang maksimal pada standar kompetensi konstruksi beton bertulang.

Sasaran penelitian yaitu siswa kelas XI Konstruksi batu beton (KBB) di SMK Negeri 7 Surabaya tahun ajaran 2014/2015.  Sampel yang diambil adalah 2 kelas KBB 1 sejumlah 30 siswa, dan KBB 2 sejumlah 30 siswa. Metode penelitian  yang digunakan adalah quasi eksperimen, pengumpulan data diperoleh melalui soal tes setelah diberi pembelajaran AKS. Data dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan software SPSS 17.

Hasil nilai rerata ditunjukkan pada uji t dengan thit = 2,265 > ttabel= 1,671, pada α < 0.05 artinya signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa, ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran strategi AKS dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan pelajaran stategi AKS.

Kata Kunci : Strategi Active Knowledge Sharing, Hasil Belajar Siswa.

This study to determine the effect of the learning process using the strategy of Active Knowledge Sharing (AKS) on student learning out comes. Learning using AKS method is one alternative for achieving student learning the maximum on competency standards reinforced concrete construction.

Research targets are students of class XI Construction of concrete stones (KBB) at SMK Negeri 7 Surabaya academic year 2014/2015. The samples take are 2 classes KBB 1 number of 30 students, and KBB 2 number of 30 students. The method used is quasi experiment, collecting data acquired through learning about the test after being given AKS. Data were analyzed using t-test with SPSS 17.

Results are shown in the average value of the t test with thit = 2,265> t table = 1.671, at α <0.05 was significant meaning. Based on the results of the research, concluded that there are differences in learning outcomes of students who use learning strategies AKS with the learning outcomes of students who do not use a lesson AKS strategy.

Keyword : Strategy Active Knowledge Sharing, Result Of Student Learning.

Published
2015-07-31
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 52