PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN DAN MENGANALISIS PROSEDUR PEMASANGAN BEKISTING KAYU UNTUK KOLOM, BALOK, DAN PELAT LANTAI DI SMK  NEGERI 1 SIDOARJO

  • DANY DWI SAPUTRA

Abstract

Sasaran penelitian yaitu kelas XI TKY di SMK Negeri 1 Sidoarjo tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design .

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui,validasi perangkat pembelajaran. Perlakuan pertama yang dilakukan yaitu memperkenalkan model pembelajaran Project Based Learning kemudian diterapkan pada proses pembelajaran dan terakhir diadakan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa.

Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa, validasi perangkat pembelajaran. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning ada perbedaan dengan model konvensional dengan t-hitung sebesar 4,61 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Project Based Learning sangat layak digunakan pada kompetensi dasar menerapkan dan menganalisis prosedur pemasangan bekisting kayu untuk kolom, balok, dan pelat lantai  di SMK Negeri 1 Sidoarjo. 

Kata kunci : model pembelajaran Project based learning, Hasil belajar.

Target research that class XI TKY in SMK Negeri 1 Sidoarjo school year 2014/2015. This type of research is Nonequivalent Control Group Design.

Methods of data collection in this study was obtained through, validation learning device. The first treatment is done is introduce Project Based Learning learning model was then applied to the learning process and the last held a test to determine student learning outcomes.

The results showed that, the validation study results of student learning using the learning model Project Based Learning is no difference with conventional models with a t-test of 4.610 indicates that there are significant differences. It can be concluded Project Based Learning model of learning is very feasible to use the basic competence to apply and analyze installation procedures wooden formwork for columns, beams and floor slabs in SMK Negeri 1 Sidoarjo

Keywords: Project based learning teaching model, learning results.

Published
2015-07-31
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 65