PERBANDINGAN HASIL BELAJAR  SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN LKS DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL MEKANIKA TEKNIK KELAS X SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • ERIMAYA INA BUKAREWA

Abstract

Perbandingan hasil belajar dapat juga dipengaruhi oleh model pembelajaran. Guru dalam menerapkan model pembelajaran harus mengerti dan memahami model pembelajaran yang akan diajarkan. Mekanika teknik merupakan mata pelajaran yang cukup sulit., maka model pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan mata pelajaran tersebut.. Hasil belajar siswa kelas X TGB 1 dan X TGB 2 masih di bahwa nilai kreteria ketuntasan minimal 75, dikarenakan kemampuan matematika berkurang. Model pembelajaran yang cocok pada mata pelajaran mekanika teknik dan mata pelajaran menghitung adalah model pembelajaaran langsung. Model pembelajaran langsung merupakan model pembelajaran langsung  yang berperan penting,  dimana guru yang berdominan dan mendomenstrasi di kelas, kemudian diberi kesempatan siswa untuk mengerjakan soal latihan pada lembar kegiatan siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara model pembelajaran langsung dengan LKS dan pembelajaran konvensional mekanika teknik. Jenis penelitian eksperimental, dengan model ”Posttest-Only Control Desain”. Waktu penelitian dilaksanakan pada smester genap tahun 2014/2015 di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Populasinya adalah siswa kelas  X TGB 1 dan X TGB 2, dan sampelnya adalah siswa kelas X TGB 1 sebanyak 35 orang dan kelas X TGB 2 sebanyak 34 orang. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh 4 validator yaitu dua orang dosen, satu orang guru dan satu orang mahsiswa. Hasil validasi perangkat pembelajaran menunjukkan: 1)Silabus dinyatakan sangat  valid,  2) Rencana pelaksanaan pembelajaran  dinyatakan sangat valid, 3)Lembar kegiatan siswa dinyatakan valid, 4)Materi pembelajaran dinyatakan valid,  5) Soal test juga dinyatakan valid.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaaran langsung menggunakan lembar kegiatan siswa dan pembelajaran konvensional yaitu pada kelas X TGB 1 sebagai kelas eksperimen dengan nilai posttest  60% dan kelas X TGB 2 sebagai kelas control dengan nilai posttest  50%. Dengan demikian dari perbandingan hasil belajar siswa tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran langsung menggunakan lembar kegiatan siswa lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional di SMK Negeri 1 Sidoarjo.

Kata Kunci: Model PembelajaranLangsung, Lembar Kegiatan Siswa, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar.      

Comparison of learning outcomes can also be influenced by the learning model. Teachers in implementing the learning model should understand and comprehend the learning model that willbe taught. Engineering mechanics is a subject that is quite difficult, then the learning model used must comply with these subjects. The result of class X TGB 1 and X TGB 2 are still in that minimum completenes creteria 75, due to the mathematical abilities reduced. Learning model that fits the mechanics engeneeering subject and subject the count is adirect learning model. MPL is a direct instructional model that plays an important role, in which teachers and demostrate in class, the students were then given the opportunity todo the exercise on activity.

The purpose of this studywas to compare the learning outcomes of students between learning model directly with student  activity sheet and conventional  learning engineering. This type of research is a kind of experimental research with model “Posttest - Only Control Design”. The research was carried out on even-numbered smester 2014/2015 in SMK Negeri 1 Sidoarjo, the study population is class X TGB 1 as many as 35 people and as many X TGB 2 as mony 34 people. Learning the devices validated by 4 validator that two lecturers, one teacher and one student. Results of the study showed: 1) Otherwise very valid sylabus, 2) Lesson plan stated very valid, 3) Sudent activity sheet is declared valid, 4)  Learning materials declared invalid, 5) Declared test invalid item.

The results showed that there was an increase in student learning outcomes with direct instructional model using student activity sheet and covensional learning that the class X TGB 1  as an experimental class with posttest score of 60% and grade X TGB 2 with a value of 50% posttest. Thus the comparison of the results of sudent learning, we can conlude that there is an increase in student learning outcomes with direct instructional model using student activity sheet higher than the conventional mode of learning in SMK Negeri 1 Sidoarjo.

Keywords :  Direct Learning Model, Student Activity Sheet, Conventional Learning, Learning Outcomes.

Published
2015-08-07
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 27