PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA DIKLAT RAB DI SMKN 1 KEDIRI

  • MARCHUS YEPSON MAUS

Abstract

Mata diklat Rencana Anggaran Biaya (RAB) merupakan salah satu mata diklat yang dimasukan kedalam paket keahlian teknik Konstruksi Batu dan Beton (BBt) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) 1 Kediri. RAB diajarkan untuk mendorong siswa dalam menghitung suatu uraian volume pekerjaan. Kurang bermaknanya RAB disebabkan oleh model pembelajaran konvensional pada saat proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga siswa pasif dalam menerima materi yang diajarkan. Penelitian ini memberi solusi terhadap permasalahan yang kurang bermaknanya pembelajaran RAB tepatnya dalam penerapan model pembelajaran yang cocok untuk mata diklat RAB.

Model Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Leaning (PjBL). Project Based Leaning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada guru untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan melibatkan kerja proyek dalam kelompok dimana hasil akhir dari proyek tersebut adalah berupa presentasi kelompok sesuai pembagian tugas masing-masing kelompok. Penelitian ini membahas tentang PjBL, hasil belajar siswa, kegiatan belajar siswa, respon siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dikumpulkan dengan menggunakan keterlaksanaan model PjBL, Kegiatan belajar siswa, hasil belajar kognitif dan psikomotor siswa, dan respon siswa.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterlaksanaan model PjBL terdapat peningkatan dari 38,75% dengan kriteria kurang baik pada siklus I menjadi 78,25% dengan kriteria baik. Sementara itu terdapat peningkatan kegiatan belajar siswa dari 45,5% dengan kriteria cukup menjadi 75,25% dengan krieria baik. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hasil belajar kognitif siswa (post test) meningkat dari 70% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II dan hasil belajar psikomotor (post test) presentase 33,33% dengan kriteria cukup pada siklus I menjadi 100% pada siklus II dengan kriteria baik. Sedangkan respon siswa dengan persentase paling tinggi 80% atau 24 siswa yang memilih dengan kriteria setuju terhadap model PjBL. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada mata diklat RAB di SMK Negeri 1 Kediri.

Kata Kunci: Model Pembelajaran PjBL, Hasil Belajar Siswa

The subject of Cost Budget Plan is one of the subjects which is given in the skill package Steel and Stone Construction Technique in State Vocational School I (SMKN I) Kediri. This subject is taught to push the students in counting volume of work explanation. The lack  significance of this subject is caused by the conventional learning model in learning process which is done by the teachers. So that, the students behave passively about the material that is given. Therefore, this researchis to try in giving solution about  the problem above by applying the suitable learning model of this subject.

The learning model which is applied in this research is Project Based Learning (PjBL).Project Based Learning (PjBL)is a kind of learning models which gives  chance for the teachers  to maintain the learning process in the classroom  by involving the students in group projects. The next, the students are asked to present the result of their group project based on their own group. This research discusses about PjBL, student’s achievement, learning process, and student’s responses. The method of this research is Class Action Research (CAR). The data were collected by using PjBL model application, students learning activities, cognitive and psychomotor learning achievement, and student responses.

The research result showed that there is increasing score from 38,75% with less good criteria in Cycle I to be 78,25% with good criteria by PjBL application. While there is improvement in students learning activities from 45,5% with moderate criteria to be 75,25% with good criteria. Minimal Mastery Criteria (KKM) of cognitive learning achievement  (post test) increased from 70% in Cycle I to be 100% in Cycle II. Psychomotor learning achievement (post test) presentation 33,33% with enought criteria in Cycle I to be 100% in Cycle II with good criteria.  The student responses showed that there are 24 students (80%) agree with PjBL Model. So it can be concluded  that the application of PjBL Model  has  increased the students learning achievement in Cost Budget Plan Subject among Grade XI  students in State Vocational School I Kediri.

 Key Words :PjBL Learning Model, Students Learning  Achievement.

Published
2015-08-20
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 79