RELEVANSI KURIKULUM ILMU UKUR TANAH PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT-UNESA DENGAN KURIKULUM GEOMATIKA SMK DAN KOMPETENSI YANG DIBUTUHKAN DI DUNIA INDUSTRI

  • Machfud Ridwan
  • Mukhamad Nafi'

Abstract

Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) FT-UNESA bertujuan menghasilkan sarjana Pendidikan Teknik Bangunan yang memiliki kemampuan menguasai pengetahuan dasar Teknik Bangunan secara komprehensif, mantap, dan cukup mendalam di bidang studi tersebut. Lulusannya diharapkan mampu menjadi pengajar sejumlah studi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau bekerja di bidang jasa konstruksi sesuai dengan keahliannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinggi atau rendahnya tingkat relevansi kompetensi kurikulum Ilmu Ukur Tanah yang diberikan di S1 PTB FT-UNESA dengan Kurikulum Geomatika di SMK dan kompetensi yang dibutuhkan di dunia industri dan juga untuk mengetahui kompetensi kurikulum dari Geomatika di SMK dan kompetensi yang dibutuhkan di dunia industri yang belum tercakup dalam Ilmu Ukur Tanah di S1 PTB FT-UNESA.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang datanya akan disajikan secara deskriptif. Penelitian ini menggunakan sampel Program Studi Keahlian Geomatika di SMKN 3 Jombang, SMKN 1 Nganjuk,  SMKN 1 Madiun, dan  LPJK Provinsi Jawa Timur. Teknik pengumpulan data yang diperlukan pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, studi dokumenter, dan wawancara. Teknik analisis data berupa analisis tingkat relevansi kurikulum diambil dari menganalisis hasil wawancara dengan responden.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat relevansi kompetensi kurikulum Ilmu Ukur Tanah di S1 PTB FT-UNESA dengan Kurikulum Geomatika di SMKN 3 Jombang, SMKN 1 Nganjuk, dan SMKN 1 Madiun mempunyai tingkat relevansi yang tinggi yaitu 92,86% sangat relevan, 7,14% relevan marjinal, dan 0%  tidak relevan. Tingkat relevansi kompetensi kurikulum Ilmu Ukur Tanah di S1 PTB FT-UNESA dengan kemampuan yang dibutuhkan di dunia industri juga mempunyai tingkat relevansi yang tinggi yaitu 78,57% sangat relevan, 0% relevan marjinal, dan 21,43%  tidak relevan. Terdapat 16 kompetensi kurikulum gabungan antara kurikulum Geomatika di SMK dan kompetensi RSKKNI  Bidang Informasi Geospasial yang tidak tercakup dalam kurikulum S1 PTB FT-UNESA.

Kata kunci: Relevansi, Kompetensi, Kurikulum.

Program S1 Building Engineering Education (PTB) FT-UNESA aimed at producing scholars Building Engineering Education that has the ability to master the basic knowledge of building techniques in a comprehensive, stable, and deep enough in the field of the study. Graduates are expected to become a teacher a number of studies in vocational schools (SMK) or working in the field of construction services in accordance with their expertise. This study aims to determine the relevance of a high or low level of competence of Measure Soil Science curriculum given in S1 PTB FT-UNESA with Geomatic curriculum in vocational and competence needed in the industry and also to determine the competence of the curriculum of Geomatic in vocational and competence required in industrial world that has not been included in Measure Soil Science at S1 PTB FT-UNESA.

This research is a quantitative research data will be presented descriptively. This study used a sample of Geomatic Skills Program at SMKN 3 Jombang, SMKN 1 Nganjuk, SMKN 1 Madiun, and LPJK East Java. The necessary data collection techniques in this study was obtained through observation, documentary studies, and interviews. Data analysis techniques such as the analysis of the level of relevance of the curriculum drawn from analyzing the results of interviews with respondents.
The results obtained showed that the degree of relevance of Measure Soil Science curriculum competence in S1 PTB FT-UNESA with Curriculum Geomatic at SMKN 3 Jombang, SMKN 1 Nganjuk, and SMKN 1 Madiun have a high level of relevance that is highly relevant to 92,86%, 7,14% relevant marginal , and 0% not relevant. The level of relevance of Measure Soil Science curriculum competence in S1 PTB FT-UNESA with the skills needed in the industry also has a high level of relevance that is highly relevant to 78,57%, 0% relevant marginal, and 21,43% not relevant. There are 16 point curriculum competence between Geomatic curriculum in vocational and competence RSKKNI field of Geospatial Information that is not covered in the curriculum S1 PTB FT-UNESA.

Keywords: Relevance, Competence, Curriculum.

Published
2015-08-20
Abstract Views: 219
PDF Downloads: 254