PENGEMBANGAN WEB-BASED COLLABORATIVE LEARNING BERBASIS FACEBOOK PADA MATA KULIAH STRUKTUR BANGUNAN II JURUSAN TEKNIK SIPIL

  • ANGGA TRI BUDIATMA

Abstract

Collaborative Learning  menerapkan terjadinya pembelajaran yang penuh makna, sehingga mahasiswa mendapatkan peningkatan pengetahuan. Mahasiswa dapat aktif dikelas dengan berpikir tentang cara untuk menyelesaikan masalah menggunakan pemahaman konsep yang telah didapat sebelumnya, kemudian mahasiswa dapat mengkomunikasikan jawabannya, sehingga terjadi interaksi dalam menyelesaikan masalah dengan teman sebaya atau kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) kelayakan media pembelajaran Web-based collaborative learning (WbCoLt) yang telah dikembangkan, b) hasil uji coba, dan c) respon mahasiswa dan pengamat dengan diterapkannya media pembelajaran WbCoLt  berbasis facebook.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian research and development yang terbatas pada 6 dari 10 langkah menurut Sugiyono (2014:409) yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi masal. Subjek uji coba terbatas dalam penelitian ini sejumlah 26 mahasiswa dan 3 pengamat pada semester genap 2014/2015 di Jurusan Teknik Sipil. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi instrumen meliputi media, materi dan soal , tes menggunakan media WbCoLt  berbasis facebook dan angket respon setelah mengunakan media WbCoLt. Analisis data di lakukan untuk mengetahui kelayakan media, materi, soal,  dan angket respon.

Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran WbCoLt  berbasis facebook  menunjukkan bahwa a) validasi media WbCoLt berbasis facebook dinyatakan valid (78%) menurut ahli media, dan (80%) valid menurut mahasiswa b) hasil uji coba menunjukkan bahwa diskusi awal mahasiswa tentang materi talang yaitu mengembangkan pengertian talang melalui pembicaraan dalam chat dengan teman dalam satu grup, pemahaman gambar detail, dan perkembangan bahan kostruksi talang yang ada di industri saat ini.  Hasil uji coba WbCoLt berbasis facebook yang mendapatkan nilai lebih besar dari B (61,54%). Mahasiswa yang merespon media WbCoLt berbasis facebook sangat baik tidak selalu mendapatkan nilai lebih besar dari B (65,38%), sisanya kurang dari B (18,2%). Mahasiswa yang merespon media baik WbCoLt berbasis facebook  mendapatkan nilai kurang dari B (7,69%). Data kurva grafik cenderung mengarah dominan ke kanan yang berarti media pembelajaran WbCoLt  berbasis facebook dapat memberikan pemahaman lebih baik. c) Hasil respon terhadap pembelajaran WbCoLt berbasis facebook  menunjukkan   (81%)  berkriteria sangat baik. Korelasi respon mahasiswa dan pengamat adalah 0,996 berkriteria sangat tinggi, artinya antara pengamat dan mahasiswa mempunyai kesamaan dalam menilai media WbCoLt berbasis facebook .

Kata kunci: web-based collaborative learning (WbCoLt),  research and development

Collaborative Learning to apply the meaningful learning, so that students gain increased knowledge. Students can be active in class to think about how to solve problems using the concept of understanding that has been obtained in advance, then the student can communicate the answers, so that the interaction in resolving problems with peers or group. This study aims to determine a) feasibility study media web-based collaborative learning (WbCoLt) that have been developed, b) the test results, and c) the response of students and observers with the implementation of media-based learning WbCoLt facebook.

This research includes the study of research and development that is limited to 6 of 10 steps according Sugiyono (2014: 409), namely (1) the potential and problems, (2) data collection, (3) the design of the product, (4) design validation, (5 ) revision of design, (6) test products, (7) product revision, (8) utility testing, (9) the revision of the product, and (10) mass production. Limited trial subjects in this study a number of 26 students and three observers in the second semester of 2014/2015 at the Department of Civil Engineering. Data collection techniques used are the validation of instruments covering media, materials and matter, WbCoLt media-based tests using facebook and questionnaire responses after using WbCoLt media. The data analysis was done to determine the feasibility of media, materials, matter, and questionnaire responses.

Results of the research development of instructional media WbCoLt based facebook show that a) validation of media WbCoLt based facebook declared invalid (78%) according to media experts, and (80%) are valid according to the student b) the trial results showed that the initial discussions of students about the material gutter that is developing chamfer understanding through conversations in chat with friends in one group, understanding the picture detail, and the development of construction materials gutters that exist in the industry today. The trial results based WbCoLt facebook gain greater value from B (61.54%). Students respond based media facebook WbCoLt very well not always get a value greater than B (65.38%), the remainder is less than B (18.2%). Students respond well WbCoLt based media facebook gain value is less than B (7.69%). Data curve of the graph tends to lead to a dominant right meaning-based learning media facebook WbCoLt can give a better understanding. c) Results-based response to learning WbCoLt facebook show (81%) criteria very well. Correlation response 0.996 students and observers are very high criteria, meaning that between the observer and the students have in common in judging media-based WbCoLt facebook.

Keywords: web-based collaborative learning (WbCoLt),  research and development.

Published
2015-08-24
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 28