PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODUL DAN TIDAK MENGGUNAKAN MODUL PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 NGANJUK

  • MACKSION SANABEL

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan modul dan yang tidak menggunakan modul pada standar kompetensi menalar pekerjaan konstruksi kayu siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Nganjuk tahun ajaran 2014/2015.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Nganjuk yang berjumlah 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TGB 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang. Kelas X TGB 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang.

Hasil ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan modul dan tidak menggunakan modul pada standar kompetensi menalar pekerjaan konstruksi kayu siswa kelas X SMK Negeri 1 Nganjuk tahun ajaran 2014/2015. Hasil belajar yang diajar dengan menggunakan modul lebih tinggi dari hasil belajar yang diajar dengan tidak menggunakan modul.

Kata Kunci: Perbedaan Hasil Belajar, Modul, Ilmu Konstruksi Bangunan.

The aim this study was to determine whether are significant differences between student learning outcomes which does not use the module on standard competency reasoning wood construction class X Competency Architecture Engineering SMK 1 Nganjuk academic year 2014/2015.

This study used an experimental method. Population in this study were all students of class X Competency Architecture Engineering SMK 1 Nganjuk numbering 70 students.The sample in this research is class X TGB 1 as the control class that numbered 35 people. Class X TGB 2 as the experimental class numbering 35 people.

Hese results concluded that there are significant differences in learning outcomes of students who use the module and the module does not use standard wood construction jobs reasoning competency class X SMK 1 Nganjuk academic year 2014/2015. Learning outcomes are taught using the module are higher than the results of learning taught by not using the module.

Keywords: Differences in learning outcomes, modules,  science building construction.

Published
2015-09-02
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 17