PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA DIRECTOR PADA MATERI MENGGAMBAR PLAT, BALOK, DAN KOLOM BETON BERTULANG DI KELAS XI GB 1 DAN  XI GB 3 SMK NEGERI 5 SURABAYA

  • CHOTIJAH ICHSAN

Abstract

Inovasi dalam pembelajaran perlu dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu sumber daya yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi. Kegiatan pembelajaran sebaiknya dikemas lebih menarik, sehingga siswa lebih senang dalam belajar. Salah satu program yang dapat dipadukan dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan macromedia director. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa, (2) perbandingan hasil belajar siswa kelas XI GB 1 dan XI GB 3 yang menggunakan macromedia director dengan yang tidak (3) respon siswa dalam penerapan pembelajaran dengan menggunakan macromedia director.

Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment atau eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 5 Surabaya, dengan populasi adalah semua siswa Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 5 Surabaya dan sampel kelas XI GB 1 sejumlah 35 siswa dan GB 3 sejumlah 34 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Analisis data menggunakan uji komparasi (uji-t) yaitu membandingkan/ mengkomparasikan rerata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan macromedia director dengan yang tidak, dengan syarat analisis uji normalitas dan homogenitas.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Hasil belajar siswa dengen penerapan pembelajaran media macromedia director mendapatkan hasil yang lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menerima pembelajaran tanpa menggunakan pembelajaran dengan media macromedia director. (2) Perbandingan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa rerata nilai pada kelas XI GB 3 lebih baik dari rerata nilai kelas XI GB 1. (3) Hasil respon siswa kelas XI GB 1 terhadap pembelajaran  dengan media macromedia director termasuk dalam kategori baik dan pada kelas XI GB 3 dalam kategori sangat baik.

Kata Kunci : Pembelajaran, Macromedia Director      

Innovation in learning needs to be done to improve student learning outcomes. One of the resources that can be used in learning is to utilize the technology information. Learning activities should be packed more attractive, so that students enjoy learning. One program that can be integrated into an interactive learning is by using macromedia director. Purpose of this study was to determine (1) the learning outcomes, (2) comparison or learning outcomes class XI GB 1 and class XI GB 3 with macromedia director and did’n (3) student response in the application of learning by using macromedia director.

This research is a quasi experimental. Research conducted at SMK Negeri 5 Surabaya, with population was all students of  techniq engineering SMK Negeri 5 Surabaya and samples were students of class XI GB 1 with 35 students and class XI GB 3 with 34 students. The data collection used test and questionnaire. The data analysis used the comparation test (t- test), this study to compare results between the class studied with macromedia director and did’n, this study condition with normality and homogenity test.

The results show as follows. (1) The Student learning outcomes of student learning using application of learning with Macromedia director better than the learning outcomes of students who receive learning without the use of learning with macromedia director. (2) Comparison of result student class XI GB 3 is better than class XI GB 1. (3) The results of student responses a class XI GB 1 for interactive learning with Macromedia director is in a good categories class XI GB 3 in a very good category.

Keywords: Learning, Macromedia Director

Published
2016-02-02
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 33