PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TYPE QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN FINISHING KAYU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XITEKNIK KONSTRUKSI KAYU SMKN 1 JENANGAN PONOROGO

  • YANO DWI PRANATA

Abstract

Mata pelajaran finishing kayu menggunakan bahan melamin merupakan materi hafalan yang dipadukan dengan praktik membuat siswa sulit menerima materi, oleh karenanya model pembelajaran yang digunakan guru sebagai sarana menyampaikan materi harus menarik dan menyenangkan bagi siswa.Model pembelajaran active learning type team quiz adalah metode pembelajaran aktif yang menghidupkan suasana dengan membentuk siswa ke dalam kelompok kecil kemudian diadakan pertandingan akademis antar kelompok untuk saling bertanya ataupun menjawab dalam mempelajari materi pelajaran. Model pembelajaran ini digunakan untuk mengetahui pengaruh dan mengetahui respon siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, adapun rancangan penelitian ini menggunakan one shot case study. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan tes pilihan ganda, angket, dan lembar validasi perangkat pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui tes dan angket. Penerapan model ini dilengkapi dengan analisa data validasi perangkat pembelajaran, hasil belajar dan respon siswa terhadap model yang dipakai.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil pengamatan penerapan model pembelajaran active learning type quiz team pada mata pelajaran finishing kayu terhadap hasil belajar siswa kelas XI KKy SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo berlangsung sesuai perencanaan pada RPP dengan rata-rata pada kedua pertemuan adalah 82%.; (2) hasil belajar siswa kelas XI KKy SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo pada mata pelajaran finishing kayu tuntas dengan nilai rata-rata kelas pada pertemuan pertama dan kedua adalah 81,32%; (3) pelaksanaan model pembelajaran active learning type quiz team mendapatkan respon baik dari siswa sebagai pelaksana pembelajaran. Hasil rekapitulasi respon siswa sebesar 73%.

Kata kunci: active learning type quiz team, finishing kayu, teknik konstruksi kayu, sekolah menengah kejuruan.

Subjects using melamine wood finishing a rote material, combined with the practice of making it difficult students receive the materials, therefore learning model used by teachers as a means to convey the material to be interesting and fun for students. Model team quiz-type active learning is active learning methods liven by forming students into small groups and then held academic competition among groups to ask or answer each other in learning the subject matter. This learning model is used to determine the effect and determine the response of students to class XI student learning outcomes Wood Construction Engineering SMK Negeri 1 Ponorogo Jenangan.

This research is experimental, while the design of this study using a one shot case study. Subjects in this study is the class XI students majoring in Engineering Construction Wood SMK Negeri 1 Ponorogo Jenangan academic year 2014/2015. Instruments used multiple choice tests, questionnaires, and instructional device validation sheet. Data collection techniques obtained through tests and questionnaires. The application of this model is equipped with a data analysis device validation of learning, learning outcomes and student responses to the model used.

The results showed: (1) the observation application of learning models of active learning-type quiz team on the subjects of wood finishing on learning outcomes of students of class XI KKY SMK 1 Jenangan Ponorogo take place according to plan in RPP with an average in the two meetings was 82%. ; (2) the results of students of class XI KKY SMK Negeri 1 Ponorogo on subjects Jenangan wood finishing due to the value of the average grade at the first meeting and the second was 81.32%; (3) the implementation of active learning teaching model type quiz team get a good response from the students as the executor of learning. Recapitulation student responses by 73%.

Keywords: active learning quiz-type team, finishing wood, wood construction techniques, vocational high schools.

Published
2016-02-03
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 62